Bagikan:

JAKARTA - Dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 mendatang, Mercedes-Benz mengungkap akan membawa sejumlah produknya di ICE BSD, Tangerang, termasuk peluncuran model terbaru.

Sales and Marketing Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Kariyanto Hardjosoemarto, mengatakan MBDI akan membawa tiga lini model terbaru, yakni E-Class terbaru serta dua kendaraan AMG, C 63 S E dan GLC 43 Coupe.

“Untuk produk sendiri, tentu ada yang sudah ditunggu-tunggu oleh pasar yaitu all-new E-Class W214. Kemudian ada dua model dari AMG, seperti C 63 S E yang menjadi model pertama mengadopsi teknologi F1 dan GLC 43 Coupe,” kata Kariyanto dalam penjelasannya di Senayan, Jakarta, Rabu, 12 Juni.

Namun, pabrikan dari Jerman ini juga membawa kejutan lainnya, yakni mengembalikkan brand ‘Smart’ ke pasar Indonesia. Brand ini juga sempat menghiasi pasar tanah air sebelum memutuskan keluar dari Indonesia beberapa tahun lalu.

“Hal menarik lainnya kami akan re-introduce brand ‘Smart’ ke Indonesia. Kami akan bawa Smart Brabus. Jadi sampai ketemu dalam gelaran GIIAS nanti,” tambah Kariyanto.

5

Mercedes-Benz E-Class generasi keenam diperkenalkan secara global pada 2023 lalu, memiliki desain yang lebih berkelas dan mewah. Tidak hanya itu, sedan tersebut juga usung teknologi lebih canggih dibandingkan model sebelumnya.

Di pasar luar, mobil ini ditawarkan dengan dua trim, yakni E 350 dan E 450. Varian E 350 dibekali mesin 2,0 liter 4-silinder turbocharged dengan motor listrik kecil berteknologi mild-hybrid, yang dapat mengeluarkan daya 255 dk dan torsi 399 Nm dan tersedia penambahan 20 dk.

Untuk E 450, performa yang ditawarkan jauh lebih impresif. Dengan mesin Turbo I6 disertai sistem mild-hybrid, tenaganya bisa mencapai 375 dk dan torsi 500 Nm, serta menyediakan juga tambahan 20 dk.

Dari produk AMG, C 63 S E merupakan salah satu model yang memiliki performa dan tenaga buas. Merek premium ini menawarkan pelek tempa 20 inci yang menutupi kaliper rem serta gaya lebih agresif dari diffuser bagian belakang dan side skirt tajam. Pabrikan mengklaim kecepatan tertinggi dapat meningkat ketika paket ini dipilih.

Dari sisi performa, Mercedes-AMG C63 S E Performance dibekali dengan mesin 2,0 liter digabungkan dengan motor listrik berkekuatan 201 dk sehingga menghasilkan tenaga hingga 671 dk dan torsi puncak 1.020 Nm, sehingga dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,3 detik.

Untuk memuaskan para pelanggannya, Mercedes-AMG memberi sejumlah fitur seperti AMG Ride Control pada suspensi, dan 4Matic+ all-wheel drive dengan Drift Mode.

Produk lainnya seperti AMG GLC 43 Coupe juga memiliki desain yang sporty, namun tidak menghilangkan sisi utilitas dan kepraktisan pada seri ini.

Dari segi desain, mobil ini tidak berbeda jauh dengan versi SUV yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu. Justru perbedaannya terletak pada bagian belakang yang lebih melandai, berbeda dengan versi utilitas yang memiliki bentuk mengotak.

Dari segi performa, mobil ini dibekali dengan mesin AMG 2,0 liter 4-silinder yang bergabung dengan motor listrik dan turbocharger elektrik, sehingga menghasilkan total tenaga hingga 421 dk dan torsi puncak 500 Nm.

Performa buas ini juga dioptimalkan dengan sistem penggerak roda belakang maupun semua roda yang bekerja sama dengan AMG Speedshift MCT 9G.

Sementara itu, brand Smart saat ini memasarkan dua produk yang dijual secara global mulai dari #1 hingga #3. Keduanya merupakan produk EV murni andalan dari merek ini yang diperkenalkan pada 2022 lalu.

Smart #1 memiliki motor listrik berkekuatan 268 dk dan 422 dk untuk versi Brabus. Sementara itu, baterainya mengusung nickel-cobalt-manganese 66 kWh yang mampu menjangkau jarak 420-440 km dalam sekali pengisian daya.

Sementara itu, Smart #3 mengusung motor listrik dan baterai yang sama dengan saudaranya. Soal sisi keamanan, crossover EV ini memperoleh lima bintang dari pengujian Euro NCAP.