Bagikan:

JAKARTA - Ford mengungkap informasi Mustang GTD yang terinspirasi dari mobil balap ketika diuji di sirkuit Nürburgring, Jerman. Mobil ini belum resmi diluncurkan, baru pada akhir pekan ini dalam rangka perayaan 24 Hours of Le Mans 2024 di Prancis.

Ford Mustang GTD 2025 dirancang sebagai varian Mustang paling ekstrem. Terinspirasi dari mobil lintasan seperti Porsche GT3 RS, GTD menawarkan performa buas bagi para pemiliknya. Lebar bodi serat karbon yang lebih lebar, suspensi belakang inboard, transmisi dual-clutch delapan percepatan, dan mesin V8 5.2 liter supercharged bertenaga lebih dari 800 dk menjadi sorotan utamanya.

3

“Banyak mobil sport unggul dalam satu hal. Namun agar sebuah mobil bisa mencatatkan putaran cepat di Nürburgring, mobil itu harus hebat dalam segala hal. Menikung, cengkeraman, pengereman, akselerasi, tidak ada satu pun area yang tidak bisa bersinar,” kata Chief Engineer Mustang GTD Greg Goodall, dalam rilis resmi pabrikan, 12 Juni.

Ia juga menambahkan, pihaknya telah belajar dari motorsport bagaimana membuat Mustang GTD unggul di mana pun, dari bodi serat karbon yang ringan di setiap GTD hingga sisi aerodinamis aktif pada paket Performa, sehingga bisa mencapai putaran kurang dari tujuh menit di sirkuit Nürburgring.

4

Paket Performa sendiri hadir dengan paket aerodinamika aktif, termasuk Drag Reduction System (DRS) terinspirasi F1. Paket ini juga mencakup fascia depan baru lengkap dengan dive plane yang besar dan elemen DRS aktif di bagian belakang.

Paket Performa ini turut menghadirkan perlengkapan dari Paket Ringan opsional, yang meliputi pelek magnesium 20 inci lebih ringan serta penghilangan sebagian peredam suara standar. Ford mengeklaim setingan ini krusial untuk memecahkan rekor waktu putaran Nürburgring di bawah 7 menit.

Varian spesial Mustang GTD ini juga menampilkan rangkaian eksterior berbalut serat karbon tanpa cat mencakup kap mesin, atap, dan penutup bagasi belakang yang semuanya dilapisi serat karbon tanpa cat, dengan opsi garis cat untuk sedikit kontras. Konsumen juga dapat memilih kaliper rem berwarna Grabber Blue, Race Red, atau hitam.

Interior Mewah nan Fungsional

4

Untuk interior GTD didominasi oleh panel instrumen digital 12,3 inci dan layar hiburan 13,2 inci. Kursi bucket Recaro disebut menjamin pengemudi tetap stabil saat bermanuver, sementara lingkar kemudi flat-bottom yang baru berada tepat di depan pengemudi. Terpasang pada lingkar kemudi tersebut adalah paddle shifter titanium cetak 3D. Lingkar kemudi juga dilengkapi semua tombol yang diperlukan untuk mengatur performa secara langsung, termasuk penyesuaian suspensi dan knalpot.

Interiornya turut menghadirkan tombol fisik baru untuk halaman aplikasi lintasan, serta sistem pengangkat hidung depan.

Mustang GTD awalnya hanya ditujukan untuk pasar Amerika Serikat. Namun kini dibuka untuk pasar Eropa. Pemesanan untuk pasar Eropa dibuka secara resmi pada 13 Juni 2024 ini pukul 1:00 siang waktu Eropa Tengah melalui di TheMustangGTD.com.