Bagikan:

TANGERANG - Dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Porsche luncurkan Taycan facelift yang mendapatkan pembaruan dan peningkatan secara komprehensif.

Model ini mendapatkan penyegaran pada sisi eksterior serta teknologi yang diusungnya. Hal menarik lainnya, model tersebut memiliki fitur suara buatan bernama ‘Porsche Electric Sport Sound’ seperti halnya pada Macan EV. Namun, pabrikan mengadopsi pendekatan yang berbeda pada masing-masing model.

Sales & Marketing Trainer Porsche Indonesia Ricko Boen, mengatakan bahwa keduanya memiliki perbedaan dengan Macan mengusung suara imitasi dari mesin 6-silinder dan Taycan dengan tema UFO.

“Kalau Macan itu lebih menyerupai mesin 6-silinder, jadi ada suara combustion engine. Sementara, Taycan benar-benar UFO-ish gitu ya,” kata Ricko saat ditanya oleh VOI, Kamis, 18 Juli.

Dihadirkannya suara mesin 6-silinder pada Macan EV bukannya tanpa alasan. Ia menilai bahwa hadirnya raungan tersebut agar ciri khas dari SUV ini tetap terjaga.

“Jadi meski Macan telah berubah jadi elektrik, fitur suaranya tetap mengadopsi mesin 6-silinder seperti versi ICE nya,” tambah Ricko.

7
Porsche Macan EV

Porsche Macan generasi terbaru dan Taycan merupakan dua model EV pertama yang dihadirkan oleh merek dari Jerman ini secara global. Ini juga memuluskan langkah pabrikan dalam peralihan menuju elektrifikasi sepenuhnya.

Dibangun di atas arsitektur Premium Platform Electric (PPE) bertegangan 800V, varian Macan 4, sebagai tipe standar, ditenagai oleh motor listrik berkekuatan 408 ps dan torsi 650 Nm. Sementara varian Turbo memiliki tenaga tertinggi sebesar 639 ps dengan torsi dahsyat 1.130 Nm.

Dengan demikian, model ini dapat mencapai kecepatan dari 0 ke 100 km/jam dalam 5,2 detik untuk tipe standar dan secepat 3,3 detik untuk Turbo. Keduanya memiliki kecepatan tertinggi masing-masing 220 km/jam dan 260 km/jam.

Dilengkapi dengan baterai listrik lithium-ion kapasitas kotor 100 kWh (95 kWh aktif), mobil ini dapat menempuh jarak 613 km untuk tipe standar dan 591 km untuk varian Turbo. Pengisian daya cepat DC 270 kW memungkinkan mobil ini mengisi daya dari 10 hingga 80 persen dalam 21 menit. Macan EV juga kompatibel dengan pengisian daya 11 kW untuk penggunaan di area perumahan.

Sementara itu, Taycan facelift memiliki performa lebih tinggi dengan varian base hingga 408 ps, lalu Performance Battery Plus sampai 435 ps dan Taycan 4S dapat mengeluarkan tenaga 544 ps hingga 598 ps.

Varian Turbo S juga mengalami peningkatan tenaga hingga 932 ps yang sanggup berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 2,4 detik saja.

Mobil sport ini memiliki baterai 93 kWh hingga 105 kWh yang diklaim mengalami peningkatan dalam sisi jarak tempuh. Versi standar dapat tawarkan jangkauan 503 km hingga 678 km. Sedangkan, varian Turbo S naik 558-630 km dalam sekali pengisian daya.

Dari segi harga, Taycan terbaru dibanderol mulai dari Rp3,499 miliar hingga Rp5,7 miliar. Sementara, Macan EV dijual senilai Rp2,49 miliar. Semua harga termasuk Off The Road DKI Jakarta.