Bagikan:

JAKARTA - Porsche baru-baru ini merilis generasi terbaru dari salah satu model SUV mereka, yaitu Macan. Selain menampilkan desain luar yang lebih segar, model ini kini juga hadir dalam versi Electric Vehicle (EV) untuk pertama kalinya.

Dengan adanya versi EV, Macan ini tidak akan mengeluarkan suara menggelegar seperti versi sebelumnya, menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih tenang saat menginjak pedal gas. Namun, Porsche, merek asal Jerman ini, memberikan opsi menarik bagi pelanggan yang tetap ingin merasakan suara khas mesin 6-silinder pada Macan EV.

7
Porsche Macan EV. (Dok. Porsche AG)

Dilansir dari InsideEVs, Selasa, 30 Januari, Porsche menawarkan opsi bernama ‘Porsche Electric Sport Sound,’ yang akan menyuguhkan suara imitasi mesin Internal Combustion Engine (ICE) dengan biaya tambahan sekitar 490 dolar AS atau sekitar Rp7,7 juta.

Porsche menjelaskan bahwa opsi ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman suara kendaraan dan membuatnya terdengar lebih emosional, memberikan kesan yang dapat dinikmati baik di dalam maupun di luar kendaraan. Pemilik Macan EV dapat dengan bebas menyalakan atau mematikan fitur ini melalui layar tengah dasbor.

‘Porsche Electric Sport Sound’ menawarkan pengalaman audio yang menggabungkan elemen pesawat luar angkasa dengan suara mesin pembakaran, menciptakan suara yang futuristik dan khas mobil Porsche.

Fitur semacam ini bukanlah yang pertama kali muncul dalam industri otomotif kendaraan listrik. Sebelumnya, Hyundai telah menghadirkan sistem N Active Sound+ pada Ioniq 5 N, yang menyajikan suara serupa mesin pembakaran dengan menggunakan sepuluh speaker, delapan di dalam kabin dan dua di luar kendaraan dengan beberapa tema yang dapat dipilih.