Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Volvo EX30 rakitan dari China resmi diluncurkan setelah menandai debutnya di negeri tirai bambu pada April lalu melalu Beijing Auto Show 2024.

Menurut lansiran CarNewsChina, Senin, 20 Mei, SUV terkecil yang pernah diperkenalkan oleh Volvo ini disediakan dalam empat varian, yakni RWD Core, RWD long-range plus, RWD long-range ultra, dan AWD high-performance ultra.

Dibangun di atas platform SEA, Volvo EX30 ini memiliki desain dengan gaya khas “Skandinavia” dan tonjolkan lampu berbentuk “T” modern. Grill depan tertutup secara rapi dengan menampilkan logo pabrikan yang ikonis.

4

Karena mobil ini merupakan rakitan China, mobil tersebut diberi logo “沃尔沃亚太”atau “Volvo Asia Pacific” pada bagian kanan belakang bawah di pintu bagasi. Mobil tersebut memiliki lekuk bodi yang mulus dengan pilar A, B, dan C didesain bergaya smoke black. Dilengkapi dengan low-drag wheel berukuran besar dan side skirt dengan strip dekoratif, EX30 miliki pegangan pintu tersembunyi.

Diposisikan sebagai SUV terkecil dibandingkan model lainnya, EX30 memiliki ukuran panjang 4.233 mm, lebar 1.838 mm, tinggi 1.555 mm, dan wheelbase mencapai 2.650 mm.

Pada bagian dalam, interior dihiasi oleh layar tengah 12,3 inci yang dapat mengatur berbagai fungsi. Lebih lanjut, sistem infotainmennya telah terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Setir kemudinya memiliki pola tiga palang multifungsi dengan sentuhan kontrol sensitif, menggantikan tombol konvensional. Dasbornya dilengkapi dengan sistem audio Harman Kardon 1,2 m yang menawarkan suara yang impresif.

Volvo juga menonjolkan sisi keselamatan dan kemudahan pada EX30, dengan memberinya fitur ADAS L2+ seperti Pilot Assist dan Parking Assistance.

Untuk jarak tempuhnya, EX30 varian RWD Core memiliki baterai 49 kWh LFP yang dapat menjangkau 410 km menurut siklus CLTC. Sementara itu, tiga varian lainnya memiliki baterai 66 kWh ternary lithium.

Dengan demikian, varian RWD long-range plus dan ultra memiliki jangkauan hingga 590 km. Sementara untuk AWD high-performance ultra dengan 540 km.

Untuk performanya, tiga varian awal miliki motor listrik berkekuatan 272 dk dan torsi 343 Nm. Sedangkan, AWD high-performance ultra dengan tenaga mencapai 428 dk dan torsi 543 Nm. Semua trim miliki kecepatan tertinggi hingga 180 km/jam dan berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,6 detik.

Volvo EX30 rakitan China ini dibanderol dengan harga mulai dari 200.800 yuan hingga 255.800 yuan (sekitar Rp443,7 jutaan sampai Rp565,2 jutaan).