Bagikan:

JAKARTA - RM Sotheby's tengah melelang mobil langka yang menarik perhatian yaitu Abarth 208 A Spyder by Boano. Mobil ini dibuat pada tahun 1955 dan merupakan salah satu contoh dari era keemasan desain mobil bergaya "Stile Transatlantico".

Berdasar informasi rumah lelangnya, dikutip 20 Mei, gaya Stile Transatlantico adalah memadukan elemen terbaik dari desain mobil Amerika dan Italia. Ciri khas mobil Amerika pada era 1950-an berciri penggunaan sirip belakang yang besar dan warna cat two-tone yang mencolok.

4

Abarth 208 A Spyder by Boano ini dirancang oleh Giovanni Michelotti untuk perusahaan Boano. Abarth berharap mobil ini bisa menarik perhatian pasar Amerika Serikat. Namun dari segi teknis, mobil ini tetap mengandalkan performa khas Italia dengan bobot ringan, mesin kecil namun bertenaga, serta handling yang presisi.

4

Mesin yang digunakan berasal dari Fiat 1100, yaitu mesin 4 silinder 1.089 cc. Tenaga mesin ditingkatkan dengan menggunakan part Abarth berupa karburator Weber ganda dan header kustom, sehingga menghasilkan tenaga 66 bhp.

Menariknya, mobil ini diketahui pernah dimiliki oleh keluarga DuPont, konglomerat kimia asal Amerika Serikat. Setelahnya mobil berpindah tangan ke beberapa pemilik lain dan sempat tersembunyi dari publik selama bertahun-tahun.

33

Abarth 208 A Spyder by Boano ditemukan kembali pada tahun 2007 dan direstorasi sebagian untuk mengembalikan performa mesinnya. Namun, keaslian mobil ini tetap dipertahankan sehingga menjadikannya semakin istimewa.

Mobil ini sempat dipamerkan di Amelia Island Concours d’Elegance pada tahun 2013. Baru-baru ini, Abarth 208 A Spyder by Boano ini dicat ulang dengan warna asli di Italia dengan biaya lebih dari 30.000 euro atau setara Rp520 juta..

Abarth 208 A Spyder by Boano merupakan bagian penting dari sejarah Abarth dan ikon dari era Stile Transatlantico. Mobil ini diprediksi akan menjadi incaran para kolektor di seluruh dunia.

Harga minimum lelangnya tak diumumkan karena ini di lelang oleh divisi RM Sotheby’s Private Sales.