Janjikan Harga yang Sama dengan Model ICE, Volvo EX30 Menyapa Pasar Amerika Utara
EX30. (Dok. Volvo)

Bagikan:

JAKARTA - Volvo EX30 mobil listrik teranyar dari pabrikan Swedia ini telah menarik perhatian pemerhati otomotif global. Tidak hanya perihal mobil ini ditenagai oleh listrik, melainkan juga dari bentuk desainnya yang futuristik serta harganya yang terjangkau.

Setelah diluncurkan pada bulan Juni lalu, Volvo EX30 secara resmi menancapkan kukunya untuk pasar Amerika Utara. SUV kompak tersebut berpotensi laris manis di pasar Amerika Utara. Pasalnya, kebutuhan akan SUV serta kendaraan listrik bagi wilayah tersebut sangat besar dan Volvo juga menjanjikan bahwa SUV kecil ini akan dibanderol harga yang sama seperti model Volvo bermesin pembakaran internal.

Dilansir dari InsideEVs, Selasa, 25 Juli, EX30 telah tersedia di pasar Amerika Serikat (AS) seharga 36.145 dolar AS atau sekitar Rp543,5 jutaan. Harga tersebut telah termasuk biaya pengiriman.

Berbicara soal spesifikasi, Volvo menawarkan opsi motor tunggal dengan baterai rentang standar LFP, yang menggunakan bahan kimia litium besi fosfat, lebih hemat biaya dan lebih hemat sumber daya untuk diproduksi, artinya ini adalah pilihan terbaik jika tidak memerlukan jangkauan maksimum.

Lalu ada varian Single Motor Extended Range dengan baterai jarak jauh baterai NMC menampilkan lithium, nikel, mangan, dan kobalt, dan menghasilkan energinya lebih efisien daripada varian LFP. Opsi jarak jauh motor tunggal ini memberi jangkauan hingga 480 km sekali pengisian daya.

Dengan spesifikasi tersebut, EX30 dapat melaju dengan akselerasi tercepat yang pernah dibuat perusahaan di mana hanya butuh waktu 3,5 detik dari 0-100 km/jam.

Walaupun memiliki harga yang terbilang terjangkau, namun Volvo tidak main-main perihal pengalaman berkendara pada EX30. Sasis EX30 telah disetel untuk memaksimalkan dimensi mobil yang ringkas.

Pusat gravitasinya yang rendah, serta bobotnya yang relatif rendah dan merata dilengkapi dengan kemudahan berkendara dan kegesitan di dalam kota dan sekitarnya.

EX30 merupakan salah satu dari sekian mobil elektrifikasi yang telah diperkenalkan oleh brand asal Swedia ini, selain EX90, XC40 Recharge, dan C40 Recharge.

Sama seperti beberapa pabrikan otomotif lainnya, Volvo juga memiliki rencana dalam menghadirkan lebih banyak kendaraan listrik model terbaru pada 2030 mendatang.