Volvo Isyaratkan Kehadiran EM90, Mobil MPV Listrik Pertamanya
Teaser Volvo EM90. (Dok. Volvo Cars)

Bagikan:

JAKARTA - Perkembangan industri kendaraan listrik amat pesat dengan sejumlah pabrikan dari seluruh dunia berlomba-lomba memperkuat tren ini melalui peluncuran produk-produk terbaru.

Selain merek-merek asal China yang berperan besar dalam kompetisi kendaraan listrik, produsen otomotif Eropa juga sedang bersiap untuk memasuki pasar ini, dan salah satunya adalah Volvo.

Perusahaan otomotif asal Swedia ini memiliki rencana jangka panjang untuk menghadirkan rangkaian Electric Vehicle (EV) terbaru. Volvo telah merancang peta jalan mereka untuk meluncurkan lebih banyak model kendaraan listrik hingga tahun 2030 mendatang, yang kemungkinan akan menjadi bagian integral dari jajaran EV Volvo.

Melalui gambar yang diunggah di situs resminya pada Kamis, 24 Agustus, Volvo memberikan gambaran awal tentang mobil MPV premium pertama mereka yang ditenagai listrik, diberi nama Volvo EM90. Mobil ini menawarkan dimensi yang luas dan ruang yang nyaman, dirancang khusus untuk mereka yang menghabiskan banyak waktu di dalam mobil. EM90 diklaim memiliki kenyamanan yang setara dengan ruang tamu bergaya Skandinavia.

Meskipun hanya menampilkan bagian atas EM90, gambar tersebut memberikan petunjuk mengenai desain mobil tersebut. Volvo memperlihatkan satu atap panoramik dan sunroof dengan sebagian bagian belakang yang terekspos, mengadopsi desain lampu terbaru dari model Volvo lainnya.

Menurut laporan dari Motor1, Kamis, 24 Agustus, EM90 didasarkan pada Zeekr 009, sebuah MPV mewah yang diproduksi oleh Geely, produsen asal China. Volvo, seperti yang dikenal, telah menjadi bagian dari kelompok Geely sejak tahun 2010.

Jika kabar ini benar, Volvo EM90 memiliki dimensi panjang 5.209 mm, lebar 2.024 mm, tinggi 1.867 mm, dan jarak roda 3.205 mm. Dengan konfigurasi kursi 2+2+2, MPV ini memiliki berat hingga 2 ton.

Volvo EM90 akan melakukan debut globalnya pada 12 November 2023 dan segera membuka periode pra-pemesanan untuk konsumen di China.

Saat ini, Volvo telah memasarkan beberapa kendaraan elektriknya, termasuk model hybrid, Plug-In Hybrid (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV). Mereka juga berencana untuk memperluas lini produk ramah lingkungan mereka.

Volvo akan segera menghadirkan C40 Recharge dan XC40 Recharge di pasar global. Selain itu, mereka juga akan mengkonversi model-model yang telah ada menjadi kendaraan listrik, termasuk EX90.

Selain itu, Volvo baru-baru ini memperkenalkan EX30, sebuah SUV kompak yang sangat efisien dengan harga yang lebih terjangkau. Di Amerika Serikat, Volvo EX30 dijual dengan harga 36.145 dolar AS atau sekitar Rp543,5 juta, termasuk biaya pengiriman.