Dibuat 25 Unit dalam Rangka Ulang Tahun ke-25, Yamaha R1 GYTR Pro Langsung Terjual Habis
Yamaha R1 GYTR Pro 25th Anniversary Limited Edition. (Dok. Yamaha Racing)

Bagikan:

JAKARTA - Yamaha Motor Europe baru saja meluncurkan Yamaha R1 GYTR Pro 25th Anniversary Limited Edition 2023 untuk merayakan seperempat abad Yamaha R1 Superbike.

Yamaha R1 GYTR Pro ini merupakan kombinasi teknologi balap dan kualitas premium, menjadikannya sebagai salah satu motor sport teringan dan tercanggih yang pernah dirilis oleh Yamaha untuk merayakan ulang tahun ke-25 R1 Superbike.

Motor ini dibuat dalam jumlah sangat terbatas, hanya ada 25 unit, dan dilansir dari Rideapart, 25 Juli, Yamaha menyebutnya sebagai ""mesin yang dibangun sesuai spesifikasi yang mendekati motor superbike dunia."

Uniknya, setiap unit dari 25 unit motor GYTR Pro R1 25th Anniversary ini dirakit secara eksklusif oleh para teknisi di 25 bengkel GYTR Pro yang berlokasi di seluruh Eropa. Motor ini hanya tersedia untuk pembelian secara online dengan harga cukup mahal 159.000 euro atau lebih dari Rp2,6 miliar dan langsung terjual habis ketika sistem pemesanan online baru dibuka.

3

Motor ini dilengkapi dengan berbagai komponen asli Yamaha Technology Racing (GYTR) termasuk garpu depan Öhlins FGR400, soket belakang TTX, dan juga peredam kemudi samping Öhlins. Untuk pengereman memakai rem Brembo, ada juga subframe belakang berbahan serat karbon, tangki bahan bakar yang dimodifikasi dengan titik berat lebih rendah, unit kontrol mesin Magneti Marelli (ECU), lengan ayun bawah yang dikembangkan khusus untuk program Yamaha di World Superbike (WSBK), serta sejumlah bodywork berbahan serat karbon yang tersebar di seluruh motor untuk memastikan kekuatan dan performa aerodinamis optimal.

Yamaha Motor Research and Development Europe (YMRE) juga merancang modul GYTR Pro Electronic System (GPES) sendiri, yang menjadi tempat berbagai bantuan elektronik untuk pengendara mulai dari kontrol wheelie, kontrol peluncuran, manajemen pengereman mesin, hingga kontrol traksi, semuanya ada dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengendara saat melakukan lap uji coba selanjutnya di trek.

Salah satu fitur paling keren dari Yamaha R1 Genuine Yamaha Technology Racing (GYTR) Pro 25th Anniversary Edition ini adalah radiator buatan tangan. Selain meningkatkan performa di trek, radiator ini juga memiliki keindahan estetika yang memukau.

Dilihat dari laman Yamaha Racing, pengiriman dari motor eksklusif GYTR Pro R1 25th Anniversary ini diperkirakan akan dilakukan antara Januari hingga Mei 2024, sesuai dengan urutan pemesanan yang diterima.