BYD Dolphin hingga Lexus LBX Raih Peringkat 3 Terbaik Kategori World Urban Car 2024
BYD Dolphin. (Foto: Afrizal/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun ini penghargaan World Car Awards kembali diadakan, di mana finalis dari berbagai kategori telah diumumkan saat Geneva International Motor Show yang kini tengah berlangsung.

Banyak kategori penghargaan, salah satunya World Urban Car yang telah diputuskan tiga finalis. Nantinya pemenang mobil terbaik dunia 2024 akan diumumkan di New York International Auto Show 2024, atau telah dikurasi banyak juri untuk kendaraan yang memenuhi syarat. 

Seperti dikutip dari laman worldcarawards.com, tiga mobil yang masuk nominasi World Urban Car terdiri dari BYD Dolphin, Lexus LBX dan Volvo EX30. Sebagai tambahan informasi, semua mobil yang mengikuti penghargaan ini telah memenuhi sejumlah persyaratan, terdiri dari volume produksi minimal 10.000 unit/tahun, memiliki banderol harga di bawah mobil mewah di pasaran, serta harus dijual setidaknya di dua pasar utama, mencakup China, Eropa, India, Jepang, Korea, Amerika Latin, dan AS atau setidaknya dalam dua benua berbeda dalam periode 1 Januari 2023 hingga 30 Maret 2024.

Lantas apa saja yang ditawarkan dari tiga model di atas? 

Pertama ada BYD Dolphin, merek asal China ini memiliki tampilan garis luar bodi yang canggih, dengan garis lipatan tajam dan kontur mengalir, menciptakan kesan desain yang percaya diri dan elegan. Menggunakan BYD e-Platform 3.0 terbaru yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik. Penggunaan e-Platform 3.0 memberikan manfaat pada kecerdasan, efisiensi, keselamatan, dan estetika. Keunggulannya adalah penggunaan Blade Battery, yang telah lulus uji ekstrem dan menjadi salah satu baterai teraman di dunia.

7

Selanjutnya ada Lexus LBX, sebuah mobil yang mengusung konsep yang berlawanan dengan stereotip mobil mewah. Dengan desain yang kompak, SUV ini memiliki dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.545 mm, dan wheelbase 2.580 mm. Dengan pelek berukuran 18 inci, Lexus LBX tersedia dalam konfigurasi penggerak roda depan dan semua roda, menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT) secara eksklusif.

Pada bagian powertrain, LBX menggunakan sistem hybrid dengan mesin bensin 1,5 liter 3-silinder, menghasilkan tenaga gabungan 134 dk dan torsi 185 Nm. Dengan kombinasi tenaga dari mesin dan motor listrik, LBX dapat mencapai percepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 9,2 detik.

8

Terakhir ada Volvo EX30 merupakan SUV listrik kecil yang berdiri di atas platform SEA yang dikembangkan oleh Geely Group. Mobil satu ini memiliki dimensi panjang 4.233 mm, lebar 1.838 mm dan tinggi 1.555 mm dengan jarak sumbu roda 2.650 mm, serta dilengkapi dengan layar berorientasi potret pada bagian kabinnya.

Volvo EX30 entry-level memiliki motor listrik berkekuatan 268 dk yang dipasangkan dengan baterai LFP 69 kWh, mampu menempuh jarak WLTP sejauh 480 km. Versi motor ganda dapat menempuh jarak 460 km.