Bagikan:

JAKARTA - Kia EV9 baru saja memperoleh penghargaan "World Best Car for 2024" kategori Best SUV dari panel juri Women’s Worldwide Car of the Year (WWCOTY), sebagai bagian acara memperingati Hari Perempuan Internasional.

Penghargaan WWCOTY edisi ke-14 pada tahun ini berdasarkan penilaian dari 75 jurnalis otomotif wanita dari 52 negara di lima benua berbeda dan para juri memilih Kia EV9 sebagai pemenang dari 63 model kandidat.

Para juri menilai bahwa SUV berbadan besar ini memiliki tingkat keserbagunaan tinggi dan memiliki kemampuan baik untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen secara global.

“Masing-masing finalis memiliki prestasi yang cukup untuk memenangkan trofi. Namun, Kia EV9 unggul dari para pesaingnya karena merupakan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen di mana pun,” kata Marta Garcia, selaku Executive President of WWCOTY, dalam laman wwcoty.net, Senin, 11 Maret.

Para juri juga memuji EV9 sebagai terobosan terbaru untuk pasar kendaraan listrik yang memiliki daya jangkau yang tinggi, penggunaan yang mudah, dan mampu memikat perhatian publik berkat desain futuristik.

EV9 memiliki panjang mencapai 5 meter, tetapi kendaraan ini unggul dalam hal aerodinamis, sehingga berkontribusi terhadap kinerjanya yang luar biasa. Selain itu, mobil ini menawarkan kemampuan pengisian daya dua arah dan kemampuan ultra-fast charging.

Ini merupakan penghargaan WWCOTY yang kedua bagi Kia setelah pabrikan meraihnya pada tahun lalu dengan model Niro dalam kategori yang sama.

Diketahui Kia EV 9 juga dijual di Indonesia setelah melakoni debut di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Agustus lalu yang hadir dengan varian tunggal, EV9 GT-Line.

Varian teratas dalam jajaran EV9 di pasar global ini memiliki daya jangkauan hingga 495 km dalam sekali pengisian daya dan dibekali motor listrik berpenggerak semua roda (AWD) dengan daya hingga 372 dk dan torsi 700 Nm.

Untuk harga, Kia Indonesia membanderol SUV berbadan panjang ini senilai 1,975 miliar On The Road di DKI Jakarta.