Laris di China BYD Resmi Bawa SUV Mewah YangWang U8 ke Eropa, Siap Goyang Mercedes G-Wagon
Yangwang U8. (Dok. BYD Global)

Bagikan:

JAKARTA - Ada yang menarik di gelaran Geneva International Motor Show (GIMS) 2024 yang kini tengah berlangsung, raksasa otomotif China BYD resmi membawa sub-brand kelas atas YangWang ke Eropa dengan memamerkan U8 sebagai SUV performa tangguh.

Dilansir dari Carnewschina, Selasa, 27 Februari, mobil berdimensi besar ini memiliki kemampuan unik yang tidak dimiliki kendaraan lain, yakni dapat mengapung di atas air dan berlayar dengan kecepatan 3 km/jam atau melakukan putaran tangki 360 derajat.

4

YangWang U8 memiliki dimensi panjang 5.319 mm, lebar 2.050 mm, tinggi 1.930 mm, dan wheelbase 3.050 mm. Meskipun memiliki ukuran yang besar dan tangguh, mobil ini hanya tersedia dengan konfigurasi lima tempat duduk dan tidak menawarkan opsi tiga baris.

Hal menarik lainnya ialah mobil ini mengusung Electric Range Extended Vehicle (EREV), artinya YangWang U8 masih mengandalkan mesin pembakaran (ICE) 2,0 liter turbo berfungsi sebagai pembangkit tenaga baterai dan tidak terhubung ke sumbu roda.

Sementara itu, mobil tersebut memiliki baterai LFP berkapasitas 49,05 kWh yang dapat menjangkau 180 km. Bila digabungkan dengan tank bensin 75 liter, model ini dapat berjalan sejauh 1.000 km tanpa henti.

4

Kemudian, SUV tersebut juga didukung oleh empat motor listrik masing-masing berkekuatan 220 kW, sehingga menghasilkan tenaga gabungan 880 kW dan torsi 1.280 Nm. Dengan demikian, mobil tersebut dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,6 detik dengan kecepatan tertinggi 200 km/jam.

YangWang U8 sendiri pertama kali diungkap pada Januari tahun lalu dan dijual mulai September di China dengan harga mencapai 1,089 juta yuan atau sekitar Rp2,3 miliaran, menjadikannya salah satu mobil termahal yang pernah diproduksi oleh BYD.

Mobil ini menjadi penantang serius bagi SUV berdimensi besar lainnya seperti Hummer EV maupun Mercedes-Benz G-Wagon. Sejak pertama kali diluncurkan, U8 telah dikirimkan sebanyak 1.652 unit di pasar China.