Volkswagen Luncurkan Fitur Keselamatan Baru, Bakal Jadi Standar untuk Model ID.7 hingga Tiguan
Volkswagen ID.7. (Volkswagen Newsroom)

Bagikan:

JAKARTA- Volkswagen mengumumkan fitur keselamatan terbaru yang dijuluki exit warning system atau sistem peringatan keluar mobil, dan akan menjadi standar baru untuk model ID.7, Passat, dan Tiguan. 

Dikutip dari laman resmi Volkswagen, Sabtu, 9 Desember, ketiga model di atas akan dilengkapi dengan perangkat keras baru, agar fitur tersebut dapat berfungsi dengan baik dan bermanfaat bagi para pengguna. 

Tergantung pada model mobil yang disematkan, fitur terbaru ini bekerja dengan cara yang sedikit berbeda. Misalnya pada VW ID.7 yang dapat memindai area belakang dengan menggunakan sensor radar (terdapat di bumper), cara kerjanya dimana lampu LED yang berada di kaca spion akan otomatis menyala, ketika pengguna jalan mendekat atau pengendara sepeda motor.

Menariknya, sistem bantuan tersebut akan tetap aktif selama tiga menit setelah mobil diparkir dan dimatikan, guna melindungi seluruh penumpang yang keluar dari kendaraan. 

Sementara itu, sistem ini bekerja serupa pada model Passat dan Tiguan, tetapi karena mobil ini menggunakan gagang pintu mekanis, jadi tidak ada jeda pembukaan pintu seperti halnya pada ID.7.

Hanya saja fitur tersebut juga akan mengaktifkan lampu LED di kaca spion, untuk memberi tahu bahwa ada pengguna jalan yang mendekat. 

Bagi pemilik VW Golf, ID.4 dan ID.5 tak perlu khawatir, sebab fitur keselamatan terbaru ini juga bisa disematkan alias sebagai opsi, dan akan ditambahkan perangkat keras agar fitur tersebut dapat berfungsi. Namun tidak dijelaskan lebih detail terkait biaya penambahan fitur tersebut. 

Kehadiran fitur keselamatan baru ini tentu dapat membuat para pengguna Volkswagen tetap aman dan nyaman, ketika ingin keluar mobil dan terhindar dari kejadian tak terduga.