Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan bahwa timnya sama sekali tak ciut nyali saat jumpa Australia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Hal itu diungkapkan sang pelatih mengingat kedua tim punya peringkat FIFA terpaut cukup jauh.

Timnas Indonesia akan bersua dengan Australia di pertandingan kedua Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Berstatus sebagai tuan rumah, Skuad Garuda akan menjamu The Socceroos di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Selasa, 10 September 2024, malam WIB.

Berhadapan dengan Australia menjadi agenda yang tak mudah bagi Timnas Indonesia. Soalnya, The Socceroos merupakan tim yang cukup diunggulkan.

Bukan cuma itu, tim asuhan Graham Arnold tersebut juga menempati peringkat FIFA lebih tinggi.

Australia saat ini menduduki urutan ke-24 di peringkat FIFA, sedangkan Timnas Indonesia saat ini menempati urutan ke-131. Dengan jarak yang terpaut lebih dari 100 posisi, Shin Tae-yong sadar bahwa laga itu nantinya akan penuh tantangan.

"Pertandingan besok memang tidak mudah bagi kami karena Australia saat ini ada di urutan 20-an ranking FIFA."

"Sementara Indonesia ada di peringkat ke 130-an. Pasti ini akan jadi pertandingan yang sangat sulit bagi kami," kata Shin Tae-yong saat konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin, 9 September 2024, sore WIB.

Kendati demikian, pelatih asal Korea Selatan itu tak mau berpasrah dengan keadaan. Shin Tae-yong bahkan menyatakan bahwa situasi ini tak sama sekali membuat timnya ciut nyali, apalagi mudah menyerah.

"Akan tetapi, para pemain tidak akan pernah menyerah. Bagaimanapun caranya, mereka akan menjadikan laga kandang ini sebagai pertandingan yang baik melawan Australia besok," tuturnya.

Pernyataan penuh optimisme juga diungkapkan oleh Justin Hubner. Hadir mendampingi Shin Tae-yong dalam konferensi pers, Hubner menyatakan Australia adalah negara yang kuat.

Namun, dengan persiapan matang, ia optimistis Timnas Indonesia tak perlu merasa takut dengan siapa pun lawannya.

"Saya pikir Australia adalah negara yang sangat kuat, begitu juga kami. Kami tidak takut pada siapa pun. Kami akan berjuang besok, persiapan kami bagus untuk pertandingan besok," kata Justin Hubner.

Menghadapi Australia, Timnas Indonesia juga mengantongi modal mumpuni. Skuad Garuda bisa lebih percaya diri setelah menahan imbang Arab Saudi 1-1 di laga perdana pada Jumat, 5 September 2024.