Bagikan:

JAKARTA – Petenis nomor satu dunia Jannik Sinner berhasil menjuarai US Open 2024. Trofi itu merupakan gelar Grand Slam kedua yang dia menangi pada tahun ini.

Atlet asal Italia itu memastikan gelar juara usai menekuk petenis andalan tuan rumah, Taylor Fritz, dengan skor akhir 6-3, 6-4, dan 7-5 pada Senin, 9 September 2024, pagi WIB.

Sinner sangat emosional usai mengunci gelar. Ia menitikkan air mata dan mendedikasikan kemenangan tersebut untuk bibinya yang sedang berjuang melawan sakit.

"Bibi saya sedang dalam kondisi kesehatan yang kurang baik dan saya tidak tahu berapa lama lagi saya bisa menemaninya," ujar dia dikutip BBC Sport.

"Senang rasanya saya masih bisa berbagi momen-momen ini dengannya. Dia adalah orang yang penting dalam hidup saya dan akan tetap penting," tuturnya.

Trofi US Open 2024 merupakan gelar Grand Slam kedua dalam karier Sinner. Ia sebelumnya pada awal tahun ini mengangkat gelar Grand Slam pertamanya ketika menjuarai Australia Open pada Januari 2024.

Kemenangan ini terjadi hanya 19 hari setelah Sinner dinyatakan bebas dari persoalan dua kali positif menggunakan zat terlarang untuk membangun massa otot pada Maret 2024.

Meski demikian, Sinner kemudian diputuskan tidak melakukan kesalahan atau kelalaian atas hasil tes positif tersebut oleh Badan Integritas Tenis Internasional (ITIA). Badan tersebut menyatakan bahwa ia terkontaminasi secara tidak sengaja oleh fisioterapisnya.

Sinner adalah petenis pertama sejak Guillermo Vilas asal Argentina yang berhasil memenangi dua gelar Grand Slam pertama dalam kariernya di musim yang sama pada tahun 1977.

Ia menjadi petenis pria Italia pertama yang memenangi gelar tunggal di Flushing Meadows.