Bagikan:

JAKARTA – Anthony Joshua masih memiliki sisa lima pertarungan dalam kontraknya dengan promotor Eddie Hearn, usai laga lawan Daniel Dubois. Pertarungan Joshua vs Dubois akan digelar di Stadion Wembley, London, Inggris pada 21 September 2024.

Duel sesama petinju Inggris tersebut merupakan perebutan gelar juara dunia versi IBF. Gelar tersebut sebelumnya dimiliki Oleksandr Usyk, sang juara kelas berat sejati. Namun pada Juni lalu, Usyk menanggalkan gelar tersebut sehingga dapat diperebutkan Joshua dan Dubois.

“Saya pikir kita belum bisa membahasa soal kapan Anthony pensiun, karena dia sedang sangat menikmati pekerjaannya saat ini. Dia sudah menjalani empat pertandingan dalam kontrak terakhir dengan saya, dan mungkin masih akan berlangsung lima laga lagi. Baru setelah itu, kita akan bicara kelanjutannya,” kata Hearn, pemilik Matchroom Boxing seperti dikutip The Sun.

Joshua sejak awal karier sebagai petinju profesional pada 2013, selalu bernaung di bawah promosi Matchroom. Sejak usaha kepromotoran itu dinakhodai sang pendiri, Barry Hearn hingga saat ini dipegang anaknya, Eddie, Joshua masih setia.

Demikian juga untuk urusan pelatih. Pada awal karier, Joshua ditangani oleh Robert McCracken yang melatihnya sejak amatir. Namun dalam dua pertarungan terakhir dia berganti pelatih, dengan mendatangkan Ben Davison. Duel lawan Dubois nanti merupakan laga ketiga Joshua di bawah arahan Davison.

Jika berhasil menang atas Dubois, maka Joshua akan menjadi juara dunia kelas berat untuk kali ketiga. Kali pertama dia menjadi juara dunia adalah dengan merebut gelar IBF dari tangan Charles Martin pada 9 April 2016.

Joshua kemudian melengkapi gelar juaranya dengan sabuk WBA dan IBO usai menang TKO atas Wladimir Klitschko pada 29 April 2017. Namun sabuk juaranya lenyap setelah Joshua kalah TKO dari Andy Ruiz pada 1 Juni 2019. Beruntung dia mampu merebutnya kembali usai menang angka dalam rematch kontra Ruiz pada 7 Desember 2019.

Gelar juara lantas melayang lagi usai Anthony Joshua dikalahkan Oleksandr Usyk dengan angka di Stadion Tottenham Hotspur, London pada 25 September 2021. Jika berhasil mengalahkan Daniel Dubois, maka Joshua akan menyamai rekor Muhammad Ali yang menjadi juara dunia kelas berat sebanyak tiga kali.