Bagikan:

JAKARTA - Penggawa Timnas Indonesia, Dimas Drajad, mengungkapkan target realistis di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pemain berposisi striker itu menyebut pencapaian yang paling memungkinkan untuk Skuad Garuda ialah peringkat ketiga klasemen akhir.

"Ya, mungkin (target realistis) saya pribadi (peringkat) ketiga. Mungkin itu meyakinkan untuk kami," kata Dimas Drajad dalam keterangannya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, dikutip pada Senin, 15 Juli 2024.

Timnas Indonesia lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah menjadi runner-up Grup F di Putaran Kedua. Anak asuh Shin Tae-yong mengoleksi 10 poin dari tiga kemenangan, satu imbang, dan dua kali kalah.

Pada Putaran Ketiga yang mulai bergulir pada September 2024, Skuad Garuda tergabung di Grup C bersama tim-tim raksasa Asia, seperti Jepang, Australia, dan Arab Saudi.

Mereka juga bakal berhadapan dengan Bahrain dan China yang secara peringkat FIFA berada jauh di atas Timnas Indonesia.

Untuk bisa langsung lolos langsung ke Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia mesti menduduki minimal peringkat kedua klasemen akhir Grup C.

Jika menempati peringkat ketiga atau empat, Dimas Drajad dan kawan-kawan masih harus melanjutkan perjuangannya di Putaran Keempat.

Mantan pemain Persikabo 1973 itu menilai peta persaingan di grup tersebut cukup menarik karena kehadiran Jepang.

Timnas Indonesia sebelumnya telah berhadapan dengan Pasukan Samurai Biru di Piala Asia 2023. Kala itu, Tim Merah-Putih bertekuk lutut dengan skor 1-3.

"Itu (peta persaingan di Grup C) sangat menari, ada Jepang. Saya harap kita bisa maju sama-sama," ungkapnya.

Sebagai persiapan menuju Putaran Ketiga, PSSI dikabarkan akan kembali mendatangkan beberapa pemain keturunan baru.

Hal itu turut dibenarkan oleh Dimas. Meski begitu, pemain berusia 27 tahun ini tidak merasa ciut dan justru termotivasi untuk menampilkan performa yang lebih baik.

"Saya dengar, sih, masih ada pemain keturunan lagi. Ya, saya sesama pemain Indonesia sama-sama usaha saja," katanya.

Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan mulai diarungi Timnas Indonesia dengan bertandang ke markas Arab Saudi pada 5 September 2024. Setelah itu, Pasukan Garuda bakal menjamu Australia pada 10 September 2024.