Bagikan:

JAKARTA - Ramadhan Sananta menjadi salah satu pemain yang mencetak gol dalam kemenangan Timnas Indonesia vs Vietnam pada laga keempat putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Catatan apik itu ternyata membuat Sananta bisa mengungguli torehan yang dimiliki bintang sepak bola dunia, Lionel Messi.

Pertemuan Timnas Indonesia vs Vietnam terjadi di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa, 26 Maret 2024, malam WIB. Skuad Garuda sukses mengalahkan tuan rumah dengan skor 3-0.

Tiga gol yang membawa Timnas Indonesia mengamankan poin penuh itu merupakan sumbangan dari Jay Idzes (9’), Ragnar Oratmangoen (23’), dan ditutup Ramadhan Sananta (90+8’).

Keberhasilan Sananta membobol gawang Vietnam membuat ia kini telah membukukan empat gol di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tiga gol lainnya dibuat Sananta saat menghadapi Brunei Darussalam pada dua laga babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Artinya, koleksi empat gol itu membuat Sananta lebih tajam dibandingkan Lionel Messi. Pasalnya, megabintang asal Argentina itu baru mengoleksi tiga gol di Kualifikasi Piala Dunia 2026 sejauh ini.

Catatan gol Sananta juga sejajar dengan bintang Mesir, Mohamed Salah. Salah juga telah mengemas empat gol saat membela Mesir dalam perburuan tiket menuju Piala Dunia 2026.

Gol ke gawang Vietnam ini bisa jadi modal bagi Sananta untuk meyakinkan Shin Tae-yong agar dirinya bisa mendapatkan menit bermain lebih banyak.

Selama ini, Sananta belum berhasil menjadi pilihan utama Shin Tae-yong untuk mengisi posisi ujung tombak Skuad Garuda.

Timnas Indonesia masih memiliki dua laga tersisa di putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Mereka masih harus menghadapi Irak dan Filipina di kandang pada Juni 2026.

Bila mampu lolos ke babak ketiga, berarti Sananta masih punya kesempatan lebih besar untuk menambah koleksi golnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Daftar Pencetak Gol Terbanyak Kualifikasi Piala Dunia 2026

7 Gol

Almoez Ali (Qatar)

5 Gol

Wu Lei (China)

Ayase Ueda (Jepang)

Musa Al-Taamari (Yordania)

Darwin Nunez (Uruguay)

4 Gol

Mohamed Salah (Mesir)

Ramadhan Sananta (Indonesia)

Saleh Al Shehri (Arab Saudi)

3 Gol

Lionel Messi (Argentina)

Jamie Maclaren (Australia)

Trezeguet (Mesir)

Dimas Drajad (Indonesia)

Sardar Azmoun (Iran)

Joel Kojo (Kirgistan)

Jong Il-gwan (Korea Utara)

Oday Dabbagh (Palestina)

Omar Khribin (Suriah)

Suphanat Mueanta (Thailand)

Fabio Lima (Uni Emirat Arab)

Ali Mabkhout (Uni Emirat Arab)

Nicolas de la Cruz (Uruguay)

Eldor Shomurodov (Uzbekistan)

Patson Daka (Zambia)