Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah menetapkan 27 pemain untuk memperkuat tim melawan Bahrain dan China di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dari daftar tersebut, Ramadhan Sananta yang sebelumnya kerap jadi andalan justru menghilang.

Sebelumnya, pemain Persis Solo itu masuk dalam pilihan Shin Tae-yong. Sananta dipanggil ke Timnas Indonesia saat menghadapi Arab Saudi dan Australia pada dua laga awal Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, September lalu.

Namun, pada kesempatan sebelumnya Ramadhan Sananta memang tidak mendapatkan menit bermain. Kini, pada momen menjelang partai ketiga dan keempat kualifikasi, namanya justru hilang dari daftar panggil.

Terkait itu, Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, menjelaskan bahwa keputusan tak memanggil Ramadhan Sananta murni pilihan Shin Tae-yong.

"Untuk Ramadhan Sananta itu sudah menjadi pilihan dari coach Shin Tae-yong," kata Sumardji dalam keterangan dikutip Jumat, 4 Oktober 2024.

"Coach Shin Tae-yong ini 'kan juga pantau Liga 1 2024/2025. Jadi, dia bisa memilih mana pemain yang bisa membela Timnas Indonesia," ungkap Sumardji lagi.

Soal kegiatan Shin Tae-yong yang kerap memantau kompetisi Liga 1, hal tersebut memang bisa jadi bahan pertimbangan sang pelatih untuk menilai kinerja pemain yang akan dipanggil ke Timnas Indonesia.

Ramadhan Sananta memang merupakan salah satu pemain andalan Persis Solo. Dari tujuh pekan yang sudah bergulir, Sananta tak pernah absen.

Hanya saja, ketajamannya di depan gawang lawan masih dinilai kurang oleh Shin Tae-yong. Pasalnya, pemain yang memiliki nilai pasar Rp4,7 miliar tersebut baru mencetak satu gol di kompetisi musim ini.

Terlepas dari hal itu, di Timnas Indonesia Ramadhan Sananta tercatat sudah membukukan delapan gol dalam 21 pertandingan. Dengan perincian, Timnas Indonesia level senior (5 gol) dan Indonesia U-23 (3 gol).