Bagikan:

JAKARTA - Elkan Baggott tak masuk dalam daftar 22 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia. Luputnya nama sang pemain jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 ditanggapi PSSI.

Pemanggilan 22 pemain ke Timnas Indonesia sendiri tak lepas dari agenda yang bakal dijalani Skuad Garuda. Pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, tim asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi Irak (6 Juni 2024) disusul Filipina (11 Juni 2024).

Dari seluruh nama yang dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat tim pada laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Elkan Baggott tak masuk daftar.

Situasi ini kemudian menjadi sorotan dari penggemar Timnas Indonesia hingga netizen Tanah Air. Mereka menilai bek 21 tahun ini tak disertakan dalam daftar lantaran sempat tak memberikan respons saat pemanggilan ke Timnas Indonesia U-23 di playoff Kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Terkait hal itu, PSSI melalui Sumardji selaku Manajer Timnas Indonesia memberikan pandangannya. Ia enggan berkomentar soal rumor Elkan, tapi menjelaskan bahwa pemanggilan para pemain sudah sesuai dengan kebutuhan tim.

"Saya tidak akan komentar soal itu," kata Sumardji dalam keterangan dikutip pada Jumat, 17 Mei 2024.

"Jadi, soal kaitannya kenapa, beberapa nama yang tidak dipanggil itu, ya, karena menyesuaikan kebutuhan tim di masing-masing posisi," tuturnya.

Bukan cuma Elkan Baggott yang tak dipanggil Shin Tae-yong ke Skuad Garuda dalam agenda kali ini.

Ada juga beberapa nama pemain andalan yang tak disertakan pelatih asal Korea Selatan itu. Mereka ialah Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Hokky Caraka, Marc Klok, Edo Febriansyah, Wahyu Prasetyo, dan masih banyak lagi.

Shin Tae-yong memang mencari pemain sesuai kebutuhan mengingat dua laga di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 merupakan pertandingan krusial bagi Timnas Indonesia.

Saat ini Skuad Garuda hanya butuh satu kemenangan saja untuk meraih kesempatan melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang sekaligus membuat mereka akan otomatis lolos ke Piala Asia 2027.