Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, angkat bicara terkait polemik yang terjadi antara Elkan Baggott dan Timnas Indonesia. Hal ini terkait sikap Baggot yang diisukan tak serius memenuhi panggilan membela Skuad Garuda.

Elkan Baggott sebelumnya diketahui masuk daftar pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk laga playoff Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea pada 9 Mei 2024.

Namun, Elkan tidak hadir dalam jadwal pemusatan latihan (TC) bahkan disebut tak merespons.

Soal itu, Erick Thohir sejatinya berharap pemain bisa serius dalam merespons panggilan Timnas Indonesia. Jika memang tak bersedia memenuhi panggilan, Timnas Indonesia tidak akan memaksa dan akan terus menjaring pemain berprestasi lainnya untuk mengukir prestasi.

"Kami juga tidak mau memaksa, tapi 'kan Timnas Indonesia akan jalan terus tanpa siapa pun (pemain yang menolak). Ya, kalau tidak mau main, ya, kami cari lagi pemain lain yang mau bela Merah-Putih," kata Erick Thohir.

"Saya harapkan juga pemain harus serius, buat semua, ya, bukan hanya buat Elkan, buat semua pemain yang memang setengah-setengah memperkuat Timnas Indonesia," kata Erick.

Berkaca pada sikap Baggott yang akhirnya tak memenuhi panggilan Timnas Indonesia ketika persiapan playoff, sang pemain kemudian tak disertakan oleh Shin Tae-yong dalam agenda berikut.

Termasuk pada laga uji coba melawan Tanzania dan dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 6 serta 11 Juni 2024 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Saat memimpin sesi latihan perdana Timnas Indonesia jelang lawan Tanzania, Shin Tae-yong yang ditanya soal Elkan Baggot tak banyak berkomentar.

“Masalah Elkan mungkin langsung tanyakan kepada Elkan. Elkan yang lebih tahu," kata sang pelatih.

Elkan Baggott pun sudah menghapus nama PSSI di Instagram miliknya. Sikapnya ini lantas menimbulkan spekulasi lanjutan mengenai hubungan Baggott dengan PSSI.