Piala AFF U-23 Tidak Masuk Kalender FIFA, Bisakah Indonesia Kembali Gunakan Jasa Elkan Baggott?
Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan Elkan Baggott (Instagram @mochamadiriawan84)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan ingin kembali menggunakan jasa Elkan Baggott di Piala AFF U-23. Tapi, kompetisi yang akan berlangsung pada 14-26 Februari  itu tidak masuk ke dalam kalender FIFA.

Baggott menjadi pemain yang cukup diandalkan Skuat Garuda ketika berlaga di Piala AFF 2020 lalu. Namun, keinginan Iriawan untuk menyertakan Baggott di timnas U-23 belum bisa direalisasikan.

Selesai berkompetisi di Singapura, sang pemain langsung kembali ke klubnya di Inggris. Dengan begitu, Iriawan harus kembali melakukan komunikasi dengan Ipswish Town untuk bisa memboyongnya ke Timnas.

"Pemain (Elkan Baggott) akan kembali dulu ke klubnya di luar negeri. Ini harus memerlukan komunikasi secara intens agar mereka bisa kami pinjam kembali. Mudah-mudahan itu bisa dilakukan," kata Mochamad Iriawan dikutip dari lama resmi PSSI.

Lebih lanjut, Iriawan mengatakan ia telah berkomunikasi dengan Shin Tae-yong terkait daftar pemain yang akan dibawa ke Piala AFF U-23. Dengan jeda waktu singkat, Shin Tae-yong selaku pelatih timnas dituntut untuk bisa mempersiapkan skuat sebaik mungkin, termasuk opsi pemain asing dari skuat Piala AFF 2020 yang akan dibawa ke Piala AFF U-23.

"Kalau list pemain sudah saya tanya ke Shin Tae-yong dan dia bilang sudah ada untuk Timnas U-23. Sambil mereka karantina, kita bisa lakukan rapat dan pembicaraan secara zoom," katanya.

"Waktu cukup mendesak. Sehingga Shin Tae-yong juga harus mempersiapkan pemain-pemain mana yang akan dipanggil," lanjut Ketum PSSI.

Namun meski begitu, Shin Tae-yong sendiri belum bisa memastikan apakah para pemain yang bermain di luar negeri seperti Baggott dan Egy Maulana Vikri bisa bergabung.

Piala AFF U-23 sendiri akan dilangsungkan pada 14-26 Februari mendatang di Kamboja. Dalam kompetisi ini, timnas U-23 tergabung di Grup B bersama Kamboja, Malaysia, dan Myanmar.

Rencana Ketum PSSI untuk kembali memanggil Baggott maupun Egy agaknya akan menemukan jalan terjal. Sebab diketahui Piala AFF U-23 2022 tidak masuk dalam kalender FIFA yang membuat klub masing-masing pasti berat untuk melepas sang pemain.