Bagikan:

JAKARTA - Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji mengkonfirmasi Elkan Baggott masih masuk proyeksi untuk membela Timnas Indonesia U-23 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

"Sampai detik ini, sampai hari ini tadi saya cek (informasi Elkan Baggott), itu tidak ada kabar apa-apa dan belum ada konfirmasi (mundur karena cedera). Semuanya masih berjalan lancar,” kata Sumardji saat ditemui di Senayan, Kamis 31 Agustus malam.

Hal ini dikatakan Sumardji sebagai konfirmasi terkait kabar yang beredar soal kondisi Elkan Baggott. Pemain Ipswich Town itu dikabarkan mengalami cedera saat membela timnya di ajang Piala Liga Inggris 2023/2024.

Padahal sebelum itu, Elkan Baggott sudah diumumkan menjadi salah satu nama pemain yang dipanggil pelatih timnas, Shin Tae-yong.

Ajang tersebut akan berlangsung pada 6-12 September 2023 di Stadion Manahan, Solo. Untuk persiapan ajang ini Indonesia U-23 akan melakukan pemusatan latihan mulai 4 September.

Setelah mengkonfirmasi kabar Elkan Baggott, pada kesempatan yang sama Sumardji juga memberikan kabar soal Timnas Senior. Ia menyebut seluruh pemain yang dipanggil untuk agenda FIFA Matchday bisa hadir di Surabaya.

"Untuk Timnas Senior, kita kumpul tanggal 4 di Surabaya. Nanti hari pertama, Coach Shin Tae-yong langsung yang akan pimpin latihan perdananya," ujar Sumardji menjelaskan.

"Lanjut, nanti coach Shin tanggal 5 akan ke Solo, selanjutnya nanti tanggal 7 malam akan kembali ke Surabaya, karena tanggal 8 pertandingan (FIFA Matchday) di Surabaya," jelasnya.

Di awal September ini jadwal Shin Tae-yong terbilang padat, bahkan nyaris bentrok. Sebagai kepala pelatih ia membawahi dua kelompok timnas sekaligus, yaitu Timnas U-23 dan Timnas senior.

Dua tim yang jadi tanggung jawabnya itu bahkan akan tampil di waktu yang berdekatan. Timnas U-23 akan memulai pemusatan latihan (TC) di Solo pada tanggal 4 September. Hal ini dilakukan sebagai persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan diselenggarakan di Stadion Manahan pada 6 hingga 12 September 2023.

Sementara itu, Timnas Indonesia senior juga akan menggelar TC di Surabaya pada tanggal 4 September 2023 untuk bersiap menghadapi pertandingan melawan Turkmenistan pada FIFA matchday. Pertandingan tersebut dijadwalkan akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada tanggal 8 September 2023.