Sayangkan Timnas Tanpa Elkan Baggott dan Sandy Walsh di Piala AFF 2022, STY: Klub Mereka Tak Menganggap Indonesia
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA — Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae Yong menyayangkan Elkan Baggott dan Sandy Walsh tidak bisa tampil bersama skuat Garuda di Piala AFF 2022.Kedua pemain itu tidak bisa berbagung karena alasan yang berbeda.

Sandy tidak dilepas oleh klubnya KV Mechelen, sedangkan Baggott lebih memilih membantu Gillingham FC.

"Memang selama TC U-19 di Eropa, saya langsung datang ke klub Sandy dan Elkan. Waktu itu positif hasilnya meskipun tidak diberikan kepastian," kata Shin Tae-yong.

Shin mengatakan, ia sebenarnya telah meminta agar Elkan Baggott bisa bergabung setelah babak penyisihan dan Sandy bisa bergabung usai laga perdana melawan Kamboja.

Meski demikian, usaha itu kemudian berbuah nihil. Terutama KV Mechelen yang tidak mau melepas pemainnya Piala AFF tidak masuk dalam kalender induk sepak bola internaisonal FIFA.

"Tetapi saya melihat tim mereka tidak menganggap Indonesia. Harusnya mencari win-win solution, tetapi tidak ada jawaban baik. Jadi sangat disayangkan mereka tidak ada," kata pelatih berusia 52 tahun itu.

Kejuaraan yang melibatkan negara di kawasan Asia Tenggara itu sudah mulai bergulir Selasa, 20 Desember 2022. Indonesia baru memulai perjalanan melawan Kamboja, Jumat, 23 Desember nanti.

Pasukan Shin total memainkan dua pertandingan kandang dan dua laga tandang di fase grup. Selain melawan Kamboja, Indonesia juga bermain kandang melawan Thailand.

Sementara itu, dua laga tandang adalah melawan Filipina dan Brunei Darussalam. Kedua laga itu nantinya akan bberlangsung di Stadion Rizal Memorial dan Kuala Lumpur.

Skuat Garuda masih penasaran mencari gelar pertama kompetisi dua tahunan tersebut. Pasalnya, dari enam kesempatan masuk final, Indonesia selalu keluar sebagai runner up masing-masing di tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, 2020.