Shin Tae Yong Ogah Pikirkan Thailand di Piala AFF 2022
Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA — Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong ogah memusingkan Thailand di Piala AFF 2022. Pelatih Korea Selatan itu memilih fokus ke tim nasional Indonesia.

Thailand merupakan salah satu tim kuat yang bisa mengganggu langkah Indonesia di fase grup kompetisi dua tahunan itu. Mereka dianggap tetap sebagai tim kuat sekalipun minus beberapa pemain bintang.

"Saya sama sekali tidak memikirkan Thailand kuat atau lemah karena saya sangat fokus ke timnas Indonesia," kata Shin, Selasa, 20 Desember 2022.

Thailand akan mengarungi Piala AFF tahun ini tanpa dua bintang mereka Chanathip Songkrasin dan Supachok Sarachat. Kedua nama itu absen karena tak dilepas klubnya masing-masing.

Shin mengatakan, situasi yang sama dihadapi Indonesia yang tanpa Sandy Walsh dan Elkan Baggott. Sandy dipastikan absen karena tidak dilepas klub, sedangkan Elkan memilih membantu Billingham FC.

"Sama juga kita juga tidak diperkuat Sandy dan Elkan. Jadi, setiap tim beda-beda situasinya dan ada masalah masing-masing," kata pelatih berusia 52 tahun tersebut.

"Sandy juga alasan tidak bisa dilepas karena bukan FIFA Matchday. Itu menjadi masalah juga, tapi kita berpikir Thailand tetap kuat walaupun dua pemain tidak ikut. Mereka sangat baik di ASEAN," tambah dia.

Indonesia menempati Grup A bersama Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam di kompetisi empat tahunan itu. Skuat Garuda akan memulai perjuangan melawan Kamboja di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat, 23 Desember 2022.

Thailand juga akan dihadapi Indonesia di tempat yang sama pada 29 Desember nanti. Sementara itu, untuk dua pertandingan lain melawan Filipina dan Thailand, Indonesia akan bermain tandang.

Skuat Garuda masih penasaran mencari gelar pertama kompetisi dua tahunan tersebut. Pasalnya, dari enam kesempatan masuk final, Indonesia selalu keluar sebagai runner up masing-masing di tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, 2020.