Shin Tae-yong <i>Pede</i> Bisa Mengantongi Kemenangan Perdana Lawan Thailand
Shin Tae-yong (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA — Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong percaya ia bisa mengantongi kemenangan perdananya melawan Thailand di pertandingan fase grup Piala AFF 2022.

Shin akan memimpin Indonesia menghadapi The War Elephants pada laga ketiga Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis, 29 Desember besok.

Sejauh ini pelatih Korea itu tercatat belum pernah menang Thailand sejak menjabat pelatih di tim nasional Indonesia.

"Setelah menjabat timnas Indonesia, saya tidak pernah menang. Hanya dua kali seri dan dua kali kalah, tetapi sekarang sudah bisa memegang tim dengan baik. Jadi, sekarang saya bisa tegaskan masyarakat bisa percaya dengan timnas saat ini," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum pertandingan, Rabu.

Hasil empat laga melawan Thailand yang belum pernah dimenangi Shin, berturut-turut terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Putaran Kedua Grup G, final Piala AFF 2020, SEA Games 2021 Vietnam pada Mei 2021 lalu.

Saat bertemu di kualifikasi Piala Dunia, juru taktik 52 tahun ini hanya bermain imbang 2-2. Sementara itu, saat berdua di final AFF 2020 yang berlangsung dua leg, Shin harus melihat timnya kalah 0-4 di leg pertama dan bermain seri 2-2 di leg kedua.

Terbaru Shin Tae Yong juga harus merasakan pilih pahit kekalahan 0-1 pada babak semifinal SEA Games 2021 setelah bermain imbang tanpa gol pada waktu normal.

"Laga ini penting. Jadi saya akan tegaskan ke pemain mereka bisa harus berjuang, berkorban, dan fokus. Dan kalau bisa memperlihatkan permainan yang lebih baik daripada sebelumnya," kata dia.

Thailand dan Indonesia saat ini berturut-turut menempati dua posisi paling atas di Grup A dengan sama-sama mengoleksi enam poin dari dua pertandingan.

The War Elephants tercatat mengalahkan Brunei 5-0, kemudian menekuk Filipina 4-0. Sementara itu, Indonesia mendapat poin berkat kemenangan 2-1 melawan Kamboja serta memendam Brunei 7-0.

Indonesia saat ini sedang mencari gelar pertama dari ajang dwitahunan tersebut. Dari 13 edisi Piala AFF yang sudah digelar, pencapaian terbaik Indonesia adalah enam kali runner up.

Adapun Thailand tercatat sebagai pengoleksi gelar terbanyak, yakni enam gelar. Mereka menjuarai kompetisi ini masing-masing pada 1996, 2000, 2002, 2014, 2016, dan 2020.