Peringkat 10 Pemain Terbaik Piala Dunia 2022 Qatar
Enzo Fernandez (Twitter @argentina)

Bagikan:

JAKARTA — Piala Dunia FIFA 2022 Qatar resmi selesai usai final Argentina melawan Prancis. Berikut ini daftar peringkat 10 pemain terbaik selama turnamen itu berlangsung.

La Albiceleste pun memastikan diri keluar sebagai juara untuk pertama kali sejak 1986 usai mengalahkan Prancis 4-2 melalui babak adu penalti di Stadion Lusail, Minggu, 18 Desember malam WIB.

Lionel Messi dan Angel Di Maria masing-masing mencetak satu gol untuk membawa Argentina unggul di babak pertama. Dua gol Kylian Mbappe dalam satu menit kemudian memaksa laga ke perpanjangan waktu.

Pada babak 2x15 menit, Messi dan Mbappe sama-sama kembali mencetak gol yang memaksa kedudukan imbang 3-3 hingga peluit panjang. Di adu penalti, Aurélien Tchouameni dan Kingsley Coman gagal menjalankan tugas buat Prancis.

Berikut ini peringkat 10 pemain terbaik Piala Dunia 2022 Qatar:

Lionel Messi (Argentina)

Messi menempati posisi paling atas berkat perjalanan luar biasanya di Qatar. Pemain berusia 35 tahun itu menjadi pemain kunci dalam perjalanan Argentina menuju final.

Ia menjadi pemain kedua dengan jumlah gol terbanyak, yakni tujuh gol. Ia juga menyumbang tiga assist dalam tujuh penampilan serta dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen yang membawa pulang Bola Emas.

Kylian Mbappe (Prancis)

Tiga gol yang dicetak ke gawang Argentina di laga final membuat pemain milik Paris Saint-Germain ini memuncaki daftar top skor dan membawa pulang penghargaan Sepatu Emas. Ia unggul satu gol dari Messi.

Mbappe total mencetak delapan gol dan memberikan dua assist dalam tujuh penampilan di turnamen. Sayangnya, ia dan Prancis gagal mempertahankan gelar yang dimenangi di Rusia empat tahun lalu.

Antoine Griezmann (Prancis)

Griezmann memainkan peran penting di tim nasional Prancis selama di Qatar. Ia mungkin bukan pemain seperti dulu, tetapi dia berhasil meningkatkan permainannya di Piala Dunia edisi tahun ini.

Dimainkan sebagai gelandang, mantan pemain Barcelona itu sanggup bermain energik dan menjadi ancaman serius di sepertiga akhir lapangan. Dalam tujuh penampilan di Piala Dunia 2022, ia total memberikan tiga assist.

Julian Alvarez (Argentina)

Pemain ini adalah buah dari perubahan yang dilakukan oleh juru taktik Lionel Scaloni di dalam skuatnya. Alvarez dipasang memainkan peran striker menggantikan Lautaro Martinez selama di Qatar.

Kepercayaan itu pun sukses ia buktikan. Ia menjadi pelapis yang sempurna untuk Messi sekaligus mencetak empat gol penting di turnamen tersebut, termasuk dua gol brilian di semifinal melawan Kroasia.

Josko Gvardiol (Kroasia)

Gvardiol adalah salah satu pemain paling sempurna di lini pertahanan Kroasia sebelum Lionel Messi melewatinya di semifinal. Jejaknya di Qatar terhitung sangat sempuran di usianya yang baru 20 tahun.

Ia bermain sangat tenang dan sanggup memamerkan kedewasaan yang melampaui usianya. Terlebih lagi ia datang ke Timur Tengah bukan sebagai pemain terkenal dari klub besar.

Sofyan Amrabat (Maroko)

Di tengan berbagai nama besar, Amrabat sukses mencuri perhatian di panggung sebesar Piala Dunia setelah sukses menjadi salah satu pemain kunci yang mengantar Maroko ke semifinal.

Pemain milik Fiorentina ini masuk dalam salah satu gelandang terbaik selama di Qatar. Kini ia pun dilaporkan mulai dilirik beberapa klub elit Eropa, termasuk raksasa asal Inggris, Liverpool.

Emiliano Martinez (Argentina)

Cukup masuk akal kalau Martinez menjadi salah satu pemain yang paling dicintai oleh pendukung Argentina. Ia adalah salah satu pahlawan yang bisa mengantar tim ke podium tertinggi.

Ia membuat dua penyelamatan brilian dalam adu penalti melawan Belanda di perempat final dan satu di babak adu penalti melawan Prancis. Kiprahnya di bawah mistar gawang membuat ia bisa mendapat Sarung Tangan Emas, penghargaan untuk kiper terbaik.

Olivier Giroud (Prancis)

Olivier Giroud adalah salah satu penyerang paling impresif di turnamen di Qatar. Ia menyumbangkan empat gol untuk mematahkan pandangan orang-orang yang selama ini meremehkannya.

Giroud mencetak gol krusial di babak sistem gugur melawan Polandia dan Inggris. Ia sukses membantu meringankan beban pemain seperti Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann di lini serang.

Enzo Fernandez (Argentina)

Pemain ini memenangkan penghargaan 'Pemain Muda Terbaik'di Piala Dunia 2022. Itu sudah cukup memperkuat alasan kenapa ia masuk dalam daftar peringkat 10 pemain terbaik.

Enzo merupakan pemain yang ulet sehingga menjadi tambahan tepat di lini tengah La Albiceleste. Dia berhasil memantapkan dirinya sebagai andalan di starting lineup setelah bermain dari bangku cadangan di dua laga pertama.

Bukayo Saka (Inggris)

Bukayo Saka bisa dibilang yang paling mengesankan di antara para pemain Inggris di Piala Dunia 2022. Dia adalah pemain yang bisa membuat perbedaan di antara semua penyerang Inggris.

Pemain Arsenal ini adalah pemain paling berpengaruh Three Lions dalam kekalahan perempat final mereka dari Prancis juga. Saka mencetak tiga gol dalam empat penampilan di Qatar.