Messi dan Mbappe Cetak Rekor Setelah Berduel Sengit di Final Piala Dunia 2022
Lionel Messi (kiri) dan Kylian Mbappe. (Foto: Twitter/@Argentina/@French)

Bagikan:

JAKARTA - Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis di final lewat adu penalti. Sejumlah rekor pun tercipta setelah laga yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Minggu, 18 Desember, itu berakhir.

Lionel Messi termasuk di dalamnya. Messi menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Piala Dunia. 

Pemain berusia 35 tahun itu tercatat sudah memainkan 26 laga di Piala Dunia dan melewati torehan Lothar Mattheaus.

Selain itu, Messi menjadi pemain pertama dalam sejarah Piala Dunia yang selalu mencetak gol di setiap babak. Dia mencetak gol di babak penyisihan grup, 16 besar, perempat final, semifinal dan juga final.

Mantan pemain Barcelona itu juga menjadi pemain Amerika Selatan pertama yang mencetak 26 gol di turnamen besar. Dia mencetak 13 gol di Piala Dunia dan 13 gol di Copa America.

Kylian Mbappe yang mencetak hattrick di laga final, tak mau ketinggalan. Dia juga mencatatkan namanya di buku sejarah Piala Dunia.

Mbappe menjadi pemain pertama yang mencetak empat gol di partai final Piala Dunia. Tiga gol dia cetak di babak normal dan tambahan, satunya lagi di babak adu penalti.

Pemain Paris Saint-Germain itu juga menjadi pemain pertama yang mencetak 12 gol di Piala Dunia sebelum usia 24 tahun.

Sementara itu, tiga gol tambahan di laga final membawa Mbappe ke trofi Golden Boot atau Sepatu Emas. Dia menjadi pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2022 dengan delapan gol.