Penantian 36 Tahun Berakhir, Argentina Juara Piala Dunia 2022 Setelah Kalahkan Prancis Lewat Adu Penalti
Lionel Messi membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 2022. (Foto: Twitter/@FIFAWorldCup)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis lewat adu penalti pada final yang berlangsung di Lusail Stadium, Minggu, 18 Desember 2022. 

Pada babak tos-tosan, dua algojo Prancis gagal menunaikan tugasnya. Sementara seluruh penendang penalti Argentina sukses mengeksekusi penalti.

Argentina pun mengakhiri 36 tahun penantian mereka untuk menjuarai Piala Dunia. Terakhir kali La Albiceleste menguasai Piala Dunia pada tahun 1986.

Selain itu, ini merupakan trofi Piala Dunia ketiga mereka setelah sebelumnya juara di edisi 1978 dan 1986.

Argentina sebenarnya sudah unggul 2-0 lebih dulu di babak pertama. Pada menit ke-21, Argentina mendapatkan penalti setelah Ousmane Dembele melanggar Angel Di Maria di kotak penalti.

Lionel Messi yang jadi algojo, memperdaya Hugo Lloris. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Argentina.

Di Maria menambah keunggulan pada menit ke-36 melalui skema serangan balik. Berawal dari umpan Messi kepada Julian Alvarez, bola kemudian disodorkan kepada Alexis Ma cAllister yang berdiri bebas dari kawalan.

Tak egois, Mac Allister kemudian memberikan umpan cantik kepada Di Maria yang menuntaskannya dengan sepakan kaki kiri mematikan. Lloris pun tak berdaya. Skor 2-0 untuk Argentina bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, Prancis unggul dalam penguasaan bola. Namun, para pemain Les Bleus seperti kebingungan dalam membongkar pertahanan rapat dari Argentina.

Namun, kebuntuan itu akhirnya pecah pada menit ke-79. Pelanggaran Otamendi terhadap pemain pengganti, Randal Kolo Muani, berbuah hukuman penalti.

Mbappe yang jadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan untuk membuat timnya memperkecil kedudukan menjadi 2-1.

Hanya berselang satu menit setelah gol penalti, Mbappe kembali membobol gawang Argentina yang dikawal Emiliano Martinez.

Kali ini lewat permainan terbuka. Menerima umpan Marcus Thuram yang masuk di babak kedua, pemain Paris Saint-Germain itu membobol gawang lawan dengan tendangan kaki kanan setengah voli.

Gol ini menjadikan dirinya di puncak daftar pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2022. Dua gol itu membuat Mbappe kini mengoleksi tujuh gol.

Selain itu, dua gol dari Mbappe juga memaksa laga dimainkan hingga babak tambahan.

Pada babak tambahan, Scaloni memainkan Leandro Paredes dan Lautaro Martinez. Hasilnya, lini depan La Albiceleste kembali berbahaya.

Martinez bahkan mendapatkan dua kesempatan emas jelang babak tambahan pertama berakhir. Namun, keduanya belum mampu membuat timnya kembali unggul.

Argentina akhirnya kembali unggul pada men it ke-108. Messi mencetak gol keduanya setelah memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Martinez yang diblok Lloris.

Sial bagi Argentina, Gonzalo Montiel tertangkap wasit melakukan handsball di kotak penalti pada menit ke-116. Mbappe yang kembali jadi algojo kembali menjalankan tugasnya dengan sempurna. Skor pun kembali imbang 3-3.

Sebelum babak tambahan usai, kedua tim bergantian mendapatkan kesempatan emas untuk membuat gol kemenangan. Meski demikian, tak ada gol yang akhirnya tercipta dan membuat pemenang laga harus ditentukan lewat adu penalti.

Argentina pun keluar sebagai juara dunia setelah dua penendang Prancis gagal menjalankan tugasnya. Sedangkan seluruh pemain Albiceleste tak ada yang gagal.

Hasil adu penalti

Argentina

Messi gol

Dybala gol

Paredes gol

Montiel gol

Prancis

Mbappe gol

Koman gagal

Tchouameni gagal

Mouni gol

Susunan pemain

Argentina (4-3-3): Emiliano Martinez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo De Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister; Angel Di Maria, Lionel Messi, Julian Alvarez

Prancis (4-3-3): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Antoine Griezmann, Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele, Olivier Giroud, Kylian Mbappe