Dani Pedrosa Soroti Rivalitas di MotoGP Jelang Musim Baru: Tidak Bisa Dibuat-buat
Foto: instagram.com/@26_danipedrosa

Bagikan:

JAKARTA - Mantan pebalap MotoGP, Dani Pedrosa menyinggung soal rivalitas pebalap di MotoGP jelang musim baru. Katanya persaingan itu wajar terjadi namun bukan yang dibuat-buat dan harus natural.

Dikutip dari Motosan, belakangan pecinta MotoGP menilai bahwa para pembalap kelas utama saat ini tak memiliki persaingan panas seperti yang terjadi di masa lalu. Padahal, hal tersebut menjadi bumbu penyedap yang menarik untuk disaksikan di balapan motor paling bergengsi di dunia itu.

Contohnya terjadi antara Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo. Meski bersaing memperebutkan gelar juara MotoGP dalam dua musim terakhir, tapi keduanya bersahabat dan saling melontarkan pujian satu sama lain.

Contoh itu berbanding terbalik dengan yang terjadi pada Marc Marquez dengan Valentino Rossi, selama bertahun-tahun. Padahal, sang legenda asal Italia sudah pensiun sejak akhir musim 2021.

Dari sanalah Dani Pedrosa mengatakan bahwa persaingan antar pembalap di MotoGP memang harus terjadi secara natural. 

“Anda tidak dapat menciptakan persaingan, itu tidak bisa dibuat-buat, itu harus menjadi sesuatu yang nyata,” kata Pedrosa dikutip dari Motosan pada Minggu, 18 Desember.

Pria yang kini bertugas sebagai pembalap penguji KTM itu lalu mencontohkan rivalitasnya dengan Jorge Lorenzo yang terjadi memang karena mereka tak suka satu sama lain sejak kecil.

“Saya tidak menyukai Lorenzo, dan dia tidak menyukai saya. Begitulah ceritanya, itu tidak bisa dipalsukan,” kata Dani Pedrosa.

“Saingan saya selalu Jorge, sejak kami masih kecil, tapi saya juga memiliki (Casey) Stoner sebagai rival diam-diam. Casey adalah ancaman besar dan pada akhirnya dia berhasil menjadi Juara. Tapi yang benar-benar rival saya adalah Lorenzo dan juga Valentino Rossi serta Marc Marquez,” lanjutnya.

“Jika para pembalap sekarang rukun, Anda tidak bisa berbuat apa-apa, Anda tidak bisa berpura-pura, kecuali suatu saat terjadi sesuatu,” pungkas Pedrosa.

Musim baru MotoGP akan dimulai pada bulan Maret mendatang. Sirkuit Algarve di Portugal akan menjadi lokasi diselenggarakannya seri pembuka musim 2023 dan akan berakhir di Valencia pada November mendatang.