Mbappe Cetak 2 Gol, Final Piala Dunia 2022 Argentina Vs Prancis Lanjut ke Babak Tambahan
Pemain timnas Prancis, Kylian Mbappe. (Foto: Twitter @FrenchTeam)

Bagikan:

JAKARTA - Argentina harus melanjutkan pertarungan lawan Prancis pada final yang berlangsung di Lusail Stadium, Minggu, 18 Desember 2022, ke babak tambahan. Ini setelah kedua tim bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Sempat unggul 2-0 pada babak pertama, Argentina kebobolan dua gol di babak kedua. Adalah Kylian Mbappe yang membuat skor menjadi imbang 2-2.

Argentina lebih banyak menekan di awal babak pertama. Ancaman demi ancaman dilancarkan tim asuhan Lionel Scaloni itu.

Namun, lini pertahanan Prancis masih mampu menghadang segala bentuk ancaman yang ada.

Pada menit ke-21, petaka menimpa Les Bleus. Ousmane Dembele melanggar Angel Di Maria di kotak penalti, wasit pun langsung menunjuk titik putih.

Lionel Messi yang jadi algojo, memperdaya Hugo Lloris. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Argentina.

Unggul 1-0 membuat pemain La Albiceleste kian percaya diri. Mereka membuat pemain Prancis tak berkembang permainannya.

Alhasil, Di Maria menambah keunggulan pada menit ke-36 melalui skema serangan balik. Berawal dari umpan Messi kepada Julian Alvarez, bola kemudian disodorkan kepada Alexis Ma cAllister yang berdiri bebas dari kawalan.

Tak egois, Mac Allister kemudian memberikan umpan cantik kepada Di Maria yang menuntaskannya dengan sepakan kaki kiri mematikan. Lloris pun tak berdaya. Skor 2-0 untuk Argentina bertahan hingga jeda.

Permainan di babak kedua tak berubah. Prancis masih bermain buruk selayaknya babak pertama. Pasukan Didier Deschamps selalu kehilangan bola sebelum masuk ke kotak penalti Argentina.

Mbappe yang jarang mendapatkan sodoran bola, bahkan beberapa kali kedapatan berada di tengah lapangan untuk mendapatkan bola.

Sementara Argentina tampil santai karena sudah merasa nyaman dengan keunggulan 2-0. Mereka tampil rapi dan menunggu pemain Prancis melakukan kesalahan sendiri.

Argentina bahkan sempat melayangkan ancaman lewat Alvarez dan Messi. Namun, belum ada gol tambahan yang tercipta.

Mbappe juga mendapatkan kesempatan setelahnya. Meski demikian, bola hasil tembakannya belum menemui sasaran, melenceng di atas mistar gawang Argentina.

Prancis sebenarnya unggul dalam penguasaan bola di babak kedua ini. Sayangnya, para pemain Les Bleus seperti kebingungan dalam membongkar pertahanan rapat dari Argentina.

Pada menit ke-79, Prancis akhirnya memecah kebuntuan. Pelanggaran Otamendi terhadap pemain pengganti, Randal Kolo Muani, berbuah hukuman penalti.

Mbappe yang jadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan untuk membuat timnya memperkecil kedudukan menjadi 2-1.

Argentina seakan terlena. Hanya berselang satu menit setelah gol penalti, Mbappe kembali membobol gawang Argentina yang dikawal Emiliano Martinez.

Kali ini lewat permainan terbuka. Menerima umpan Marcus Thuram yang masuk di babak kedua, pemain Paris Saint-Germain itu membobol gawang lawan dengan tendangan kaki kanan setengah voli.

Gol ini menjadikan dirinya di puncak daftar pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2022. Dua gol itu membuat Mbappe kini mengoleksi tujuh gol.

Jelang akhir waktu normal, Messi nyaris membawa Argentina kembali unggul. Namun, upayanya masih mampu dimentahkan Lloris. Laga pun terpaksa dimainkan hingga babak tambahan setelah kedudukan tetap imbang 2-2.

Susunan pemain

Argentina (4-3-3): Emiliano Martinez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo De Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister; Angel Di Maria, Lionel Messi, Julian Alvarez

Prancis (4-3-3): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Antoine Griezmann, Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele, Olivier Giroud, Kylian Mbappe