Pergerakan Indonesia di Peringkat FIFA Tipis, tapi Upaya Meningkatkan Prestasi Sepak Bola Mulai Terlihat
Timnas Indonesia (Instagram.com/@pssi)

Bagikan:

JAKARTA - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah merilis daftar peringkat terbaru pada Kamis, 31 Maret. Dalam peringkat terbaru itu, kabar baik datang untuk Indonesia yang menunjukkan peningkatan.

Meski tak terlalu mencolok, peringkat Indonesia di ranking FIFA naik dari posisi 160 kini menjadi 159. Walau pergerakannya tipis, tapi satu angka itu membuktikan bahwa usaha dalam meningkatkan prestasi sepak bola Tanah Air mulai terlihat.

Kenaikan posisi itu juga mengejutkan sebab Indonesia belum melakoni pertandingan FIFA Matchday apapun di bulan ini. Hal itu karena karena pelatih Shin Tae-yong tengah fokus menangani timnas U-19 pemusatan latihan di Korea Selatan sebagai persiapan tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Di sisi lain, ranking FIFA terbaru ini juga menunjukkan hasil manis bagi Brasil. Tim Samba sukses merebut kembali posisi puncak FIFA dan menggeser Belgia.

Ranking satu FIFA itu mampu direbut kembali oleh Brasil setelah lima tahun belakangan tergusur dari posisi tertinggi. Dalam kesempatan terakhirnya lima tahun lalu itu, Selecao menjadi juara bertahan dengan durasi yang cukup lama yaitu sekitar 4.731 hari atau 1,2 dekade.

Dalam daftar peringkat terbaru FIFA, Brasil mampu kembali ke puncak berkat penampilan impresif di Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022. Tim Samba menang 4-0 saat jumpa Chile, mereka juga membuat Bolivia takluk 0-4 di kesempatan yang sama.

Kemenangan Selecao itu otomatis menggeser Belgia dari puncak ranking FIFA. Belgia yang memuncaki peringkat FIFA dalam tiga tahun terakhir harus rela kehilangan posisi puncak setelah ditahan imbang Republik Irlandia 2-2 pada laga persahabatan, 26 Maret lalu.

Bukan cuma Brasil, perubahan signifikan dalam jajaran 10 besar ranking FIFA juga dirasakan Meksiko yang kini naik ke posisi sembilan. Padahal dari rilis per tanggal 10 Februari lalu, Meksiko masih berada di posisi 12.

Sementara itu, Italia yang duduk di ranking ke-6 FIFA malah absen dalam gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar pada November mendatang. Ranking FIFA 31 Maret ini kemudian juga dirilis untuk menjadi patokan bagi FIFA dalam menentukan tim unggulan dalam drawing Piala Dunia 2022 yang rencananya digelar di Doha, Qatar, Jumat, 1 April malam waktu setempat.

Berikut Posisi 10 Besar Ranking FIFA per tanggal 31 Maret

1. Brasil

2. Belgia

3. Prancis

4. Argentina

5. Inggris

6. Italia

7. Spanyol

8. Portugal

9. Meksiko

10. Belanda

159. Indonesia