Momen Chiellini Isyaratkan Pensiun Bela <i>Gli Azzurri</i>: Melepas Ban Kapten, Mencium dan Menempelkannya di Lengan Donnarumma
Giorgio Chielini (Twitter.com/@juventus)

Bagikan:

JAKARTA - Kontribusi Giorgio Chiellini untuk timnas Italia sepertinya segera berakhir dengan keputusan pensiun. Pasalnya, sang pemain mengisyaratkan telah memainkan pertandingan terakhirnya saat melakoni laga persahabatan melawan Turki pada Rabu, 30 Maret dini hari WIB.

Dalam laga melawan Turki di Stadion Konya Buyuksehir, Italia menang 3-2. Pada laga ini Chiellini tampil sebagai starter. Namun, pada menit ke-76 ia digantikan Alessandro Bastoni. Kendati tak main hingga akhir, ini menggenapkan penampilan ke-116 Chiellini dalam seragam Gli Azzurri.

Dilansir dari Football Italia, Rabu, saat diganti, bek Juventus itu melepas ban kapten, menciumnya dan menempelkannya di lengan Gianluigi Donnarumma. Ia kemudian memberikan pelukan hangat kepada pelatih Roberto Mancini saat meninggalkan lapangan.

Chiellini memberikan lebih banyak petunjuk di Instagram pribadinya bahwa waktunya dengan Nazionale akan berakhir lebih awal dari yang diharapkan, karena sekarang mereka dipastikan tidak akan berada di Piala Dunia.

Chiellini juga mengunggah foto kebersamaan dengan tim saat di lapangan. Keterangan yang ditulisnya juga seolah mengarah kepada kalimat yang merujuk pada perpisahan.

"Kami berharap untuk memainkan permainan yang berbeda malam ini dan kami tidak dapat menyangkal itu," tulis bek tengah itu, merujuk pada final play-off Piala Dunia.

"Kamis kemarin adalah halaman sedih dalam buku sejarah karier kami, kami akan selalu memiliki kekosongan di dalam diri kami. Namun dalam olahraga, seperti halnya dalam hidup, kita harus memiliki kekuatan untuk selalu bangkit kembali," katanya.

Isyarat perpisahan Chiellini kembali terlihat pada kalimat ketika ia menyebut tim dengan kata para pemain ini, bukan dengan kami di bait terakhir keterangannya.

“Para pemain ini akan menulis halaman yang lebih penting dalam sejarah sepak bola Italia, memberi kami semua emosi yang sama yang cukup beruntung untuk kami alami musim panas lalu. Selalu dan selamanya, FORZA AZZURRI," tutup Chiellini.

Terlepas dari benar atau tidaknya laga persahabatan itu jadi momen terakhir Chiellini sebelum memutuskan gantung sepatu, 116 kali penampilannya bersama Italia pun membuat catatan baik baginya.

Chiellini sekarang berada di urutan kelima dalam daftar pemain Italia sepanjang masa dengan penampilan terbanyak. Ia mengoleksi jumlah laga yang sama dengan Andrea Pirlo. Sementara nama beken lainnya seperti Daniele De Rossi, Paolo Maldini, Fabio Cannavaro dan Gianluigi Buffon mengumpulkan caps lebih banyak