Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONCACAF: AS dan Meksiko Selangkah Lagi, tapi Jangan Lupakan Kosta Rika
Kosta Rika siap menggagalkan Amerika Serikat dan Meksiko untuk lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022. (Foto: Instagram @concacaf)

Bagikan:

JAKARTA - Babak ketiga kualifikasi Piala Dunia Zona CONCACAF telah merampungkan laga ke-13 pada Senin, 28 Maret kemarin. Kanada dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Kanada kini memuncaki klasemen dengan 28 poin berkat kemenangan 4-0 atas Jamaika. Poin Kanada sudah tak mungkin dikejar lagi para pesaingnya.

Kini tersisa dua tiket untuk lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022. Dua tiket itu tengah diperebutkan Amerika Serikat (AS), Meksiko dan Kosta Rika.

Saat ini, peluang besar dimiliki AS dan Meksiko. Keduanya menempati posisi kedua dan ketiga klasemen dengan 25 poin.

Dengan satu pertandingan tersisa, Amerika Serikat dan Meksiko kini tinggal selangkah lagi untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

Namun, posisi keduanya terancam oleh Kosta Rika yang ada di posisi keempat. Los Ticos menguntit dengan selisih tiga poin dari AS dan Meksiko.

Namun, butuh perjuangan berat plus keajaiban untuk Kosta Rika bisa menggeser posisi AS ataupun Meksiko.

Bryan Ruiz wajib menang empat gol atau lebih dari AS, sambil berharap Meksiko kalah 0-1 dari El Salvador. Jika skenario ini yang terjadi, Kosta Rika dan AS yang akan lolos ke putaran final. Sementara Meksiko harus melewati jalur play-off.

Jika Meksiko menang atas El Salvador, Kosta Rika wajib menang enam gol atau lebih atas AS untuk bisa lolos ke putaran final. Jika skenario ini yang terjadi, Kosta Rika dan Meksiko yang akan menemani Kanada. Sementara AS harus melewati jalur play-off untuk tampil di Qatar.

Sebagai informasi, CONCACAF menyediakan tiga tiket lolos langsung ke Piala Dunia 2022 Qatar untuk tiga tim teratas di klasemen.

Sementara tim peringkat empat masih harus melakoni laga play-off interkontinental. Nantinya, peringkat keempat CONCACAF akan melawan pemenang kualifikasi Piala Dunia Zona Oseania untuk memastikan tempat di Qatar.