Kanada Lolos ke Piala Dunia setelah 36 Tahun Absen
Tajon Buchanan (Twitter @CanadaSoccerEN)

Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional Kanada memastikan diri lolos ke putaran fina Piala Dunia 2022 Qatar. Ini bakal menjadi penampilan perdana mereka di ajang empat tahunan itu dalam 36 tahun terakhir.

Tiket ke Qatar didapat Kanada setelah mereka mengalahkan Jamaika 4-0 di BMO Field, Toronto, pada Minggu, 27 Maret waktu lokal atau Senin pagi waktu Indonesia.

Kemenangan itu berarti Kanada dipastikan finis di salah satu dari tiga tempat teratas di fase akhir kualifikasi zona Concacaf.

Atiba Hutchinson adalah satu-satunya anggota skuad Kanada saat ini yang baru berusia tiga tahun ketika terakhir kali timnas mereka lolos ke Piala Dunia. Tahun ini, pada usia 39 tahun, dia akan menjadi kapten negaranya di turnamen berikutnya.

Kanada membuat penampilan terakhir mereka di Piala Dunia pada 1986 saat Meksiko menjadi tuan rumah. Ketika itu mereka tidak lolos babak grup setelah menempati posisi terbawah tanpa mencetak gol.

Di pertandingan melawan Jamaika Cyle Larin dan Tajon Buchanan membawa Kanada unggul 2-0 di babak pertama. Sementara itu dua gol berikutnya masing-masing dicetak oleh Junior Hoilett dan gol bunuh diri Adrian Mariappa.

Dengan tambahan tiga angka membuat Kanada duduk di posisi teratas klasemen kualifikasi Concacaf. Mereka telah mengoleksi 28 poin diikuti Amerika Serikat di posisi kedua dengan 25 poin dari 13 laga yang dimainkan.

Selain itu, Amerika Serikat dan Meksiko juga memastikan diri lolos ke Qatar. Amerika tercatat mengalahkan Panama dan Meksiko mengalahkan El Salvador untuk mengunci tiga tempat teratas klasemen yang otomatis lolos ke Piala Dunia.

Adapun Kosta Rika harus berjuang di play-off setelah Panama menderita kekalahan. Saat ini Kosta Rika masih menempati posisi keempat klasemen atau tertinggal 3 poin dari Amerika dan Meksiko yang mengoleksi poin sama.

Kosta Rika nanti akan melawan pemenang final kualifikasi Oseania Rabu antara Kepulauan Solomon dan Selandia Baru.