Bagikan:

JAKARTA - Shayne Pattynama dan Elkan Baggott sama-sama terdepak dari klubnya saat membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Sebelumnya, Elkan Baggott sudah terpinggirkan dari skuad Ipswich Town pada paruh musim ini.

Beruntung, bek 21 tahun itu langsung mendapat klub baru setelah kembali ke Inggris usai membawa Skuad Garuda sampai 16 besar Piala Asia 2023. Dia resmi dipinjamkan ke Bristol Rovers dari Ipswich Town.

Hal serupa terjadi kepada Shayne Pattynama. Bek kiri Tim Merah-Putih itu resmi bergabung klub Belgia, KAS Eupen, pada Jumat, 2 Februari 2024.

Kondisi Shayne sebetulnya lebih kurang beruntung ketimbang Elkan. Dia sudah tanpa klub saat membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Kontrak Shayne bersama Viking FK sudah selesai dan tak diperpanjang klub.

Walau sempat menunggu waktu yang tidak sebentar, kini Shayne Pattynama akhirnya mengumumkan klub barunya. Bersama KAS Eupen, Pattynama diikat kontrak dengan durasi 2,5 tahun atau hingga Juni 2026.

Kabar bergabungnya Shayne Pattynama ini diumumkan secara resmi oleh KAS Eupen yang juga menyambut sang pemain dengan antusias.

"KAS Eupen menandatangani kerja sama dengan pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama. KAS Eupen telah merekrut bek kiri dan gelandang Indonesia berusia 25 tahun, Shayne Pattynama. Pemain baru dari KAS Eupen ini memiliki tinggi 185 sentimeter dan bermain untuk klub divisi satu Norwegia, Viking FK Stavanger, hingga 31 Desember 2023," tulis KAS Eupen di laman resmi mereka.

"Pemain Timnas Indonesia ini telah menandatangani kontrak selama 2,5 tahun dengan KAS Eupen hingga 30 Juni 2026. KAS Eupen sangat menantikan untuk bekerja sama dengan Shayne Pattynama dan menyambutnya dengan sangat hangat di klub," lanjut keterangan itu.

Menariknya, Shayne Pattynama yang akan tampil di Liga Pro Belgia berpotensi ketemu rekan setimnya, Sandy Walsh. Sebagaimana diketahui, Sandy Walsh juga berkompetisi di Liga Pro Belgia membela KV Mechelen.

Adapun KAS Eupen juga bukan klub yang asing bagi pencinta sepak bola Indonesia. KAS Eupen merupakan klub Jordi Amat sebelum dirinya pindah ke JDT.

Saat ini KAS Eupen berada di peringkat ke-13 Liga Pro Belgia. Posisi itu di bawah klub Sandy Walsh, Mechelen, yang ada di tangga kedelapan.