Bagikan:

JAKARTA - Gelandang veteran Luka Modric bakal mengakhiri karier di Real Madrid. Klub tak memberikan kontrak baru kepada Modric setelah berakhirnya kesepakatan kerja sama pada Juni 2024.

Usia Modric sudah mendekati 40 atau tepatnya 38 tahun sehingga dirinya tak akan lama lagi bertahan di Santiago Bernabeu. Meski demikian, dengan usia yang benar-benar tidak muda lagi, Madrid tetap menjadikannya pilar utama hingga musim ini.

Soalnya, dua gelandang Eduardo Camavinga dan Aurelien Tchoaumeni yang diproyeksikan menggantikan Modric malah lebih sering dibekap cedera.

Buntutnya, pelatih Carlo Ancelotti kembali mengandalkan eks gelandang Tottenham Hotspur ini. Tak hanya itu, dirinya bersama Toni Kroos merupakan sosok paling berpengaruh di ruang ganti.

Tidak hanya senioritas, tetapi juga kemampuan teknik dan sosok leader pada diri kapten Timnas Kroasia ini.

Dengan sosoknya sebagai legenda yang masih bermain di Madrid, Modric pun tak perlu melakukan pemanasan sebelum dimainkan.

Pada dua laga terakhir melawan Almeria dan Las Palmas, Modric sama sekali tak melakukan pemanasan. Sementara, pemain lain harus melakukannya.

"Dia seorang legenda. Saya tak perlu meminta dia untuk pemanasan bila memang tak dimainkan," kata Ancelotti.

"Saya bakal menyuruh Arda Guler untuk pemanasan (meski tak dimainkan). Namun, tentu tidak bagi dia (Modric)," ucapnya.

Modric direkrut Madrid dari Tottenham pada 2012. Hanya dalam tempo 36 jam sejak kedatangannya, dia sudah ikut membawa Marid meraih trofi Supercopa de Espana.

Modric melakukan debut istimewa karena langsung tampil di el clasico melawan Barcelona.

Saat itu dia hanya bermain selama enam menit menggantikan Mesut Ozil. Meski demikian, Modric sempat kesulitan pada musim pertamanya.

Lini tengah Madrid sudah sesak dengan adanya Xabi Alonso dan Sami Khedira yang bermain sebagai gelandang bertahan dan Ozil di posisi gelandang serang kala itu.

Namun, akhirnya dia bisa mendapat tempat di tim utama. Modric pun memenangi berbagai trofi bersama Los Blancos selama satu dekade.

Dia membawa Madrid menjuarai Liga Champions sebanyak lima kali dan La Liga tiga kali. Gelar lain yang diraihnya ialah Copa del Rey, Supercopa de Espana, UEFA Super Cup, sampai Piala Dunia Antarklub.

Kini, Modric harus meninggalkan Santiago Bernabeu setelah 12 tahun. Dirinya pun bakal mencari klub baru bila belum ingin pensiun.