25 Hari Menuju Piala Dunia 2022: Panggung Internasional Terakhir Luka Modric Bersama Timnas Kroasia
Luka Modric (Instagram @lukamodric10)

Bagikan:

JAKARTA — Luka Modric mengonfirmasi Piala Dunia 2022 Qatar yang mulai bergulir bulan depan bakal menjadi turnamen internasional terakhirnya bersama tim nasional Kroasia.

Pemain yang berusia 37 tahun tersebut saat ini sebenarnya belum menunjukkan tanda-tanda melambat. Namun, dalam sebuah wawancara dengan FIFA+ baru-baru ini ia mengakui ia sudah tidak muda lagi untuk tampil di panggung internasional.

"Saya sadar bahwa saya berada di usia tertentu dan ini adalah kompetisi terakhir saya di tim nasional Kroasia," ujar gelandang yang saat ini membela Real Madrid itu, dikutip Rabu.

Selama berkarier di sepak bola, Modric total memperkuat Kroasia di tiga turnamen Piala Dunia, masing-masing pada 2006, 2014, dan 2018. Di rentang waktu itu ia pun sukses mencetak dua gol.

Secara keseluruhan, ia memainkan 154 pertandingan untuk Kroasia, mencetak 23 gol dan membuat 24 assist. Di level klub, ia tampil dalam 14 pertandingan untuk Real Madrid musim ini di berbagai kompetisi, mencetak tiga gol dan menorehkan dua assist.

Meskipun berada di ujung karier profesional, Modric masih dianggap sebagai salah satu gelandang terhebat di dunia saat ini. Ia adalah bagian penting timnas Kroasia yang mencapai final Piala Dunia 2018 lalu di Rusia.

Sayang ketika itu, Kroasia menyerah 2-4 melawan Perancis yang merengkuh gelar kedua mereka dalam sejarah Piala Dunia. Saat itu, Modric menutup turnamen itu dengan dua gol dan satu assist.

Berkat penampilan gemilang di Rusia dan kemenangannya di Liga Champions Eropa musim 2017/2018 bersama Real Madrid, Modric pun kemudian mendapat Ballon d'Or 2018.