Bintang Sepak Bola yang Memainkan Piala Dunia Terakhir Mereka di Qatar
Manuel Neuer (Instagram @manuelneuer)

Bagikan:

JAKARTA — Piala Dunia 2022 Qatar mulai berlangsung 20 November mendatang. Ini akan menjadi panggung terakhir untuk tujuh legenda dalam sejarah sepak bola.

Turnamen empat tahunan itu pertama kalinya dimainkan di musim dingin, tepat di tengah musim kompetisi liga sedang berlangsung. Selain itu, ini juga Piala Dunia pertama yang digelar di Timur Tengah.

Namun, pentingnya Piala Dunia 2022 di Qatar tidak berakhir di situ. Pasalnya, edisi tahun ini bakal menandai akhir dari era bagi banyak pesepak bola top yang memasuki usia pensiun.

Berikut tujuh legenda yang memaikan Piala Dunia terakhir di Qatar:

Manuel Neuer (Jerman)

Kapten tim nasional Jerman dan Bayern Munchen itu selalu menjadi starter untuk klub dan negaranya sejak memulai karier di tim senior. Neuer, 36, akan menjadi kapten Jerman di Qatar tahun ini, tetapi dia mungkin tidak akan tampil untuk Piala Dunia berikutnya pada tahun 2026.

Neuer telah memainkan 16 pertandingan di Piala Dunia sejauh ini. Dia kebobolan 11 gol, sukses mengukir tujuh clean sheet, dan menjadi bagian dari skuad Jerman yang menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil.

Thomas Muller (Jerman)

Thomas Muller akan berusia hampir 37 (13 September) ketika Piala Dunia berikutnya pada tahun 2026 nanti. Ini berarti Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar bisa menjadi panggung terakhirnya.

Muller adalah salah satu pemain terbaik Jerman dalam kampanye Piala Dunia 2014. Dia mencetak lima gol dan mengklaim tiga assist selama turnamen, termasuk trigol melawan Portugal di pembuka kompetisi.

Luis Suarez (Uruguay)

Suarez adalah salah satu penyerang tengah terbaik abad ini. Namun, mantan pemain Barcelona itu akan berusia 39 tahun pada Piala Dunia berikutnya 2026 nanti yang berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Suarez, yang diskors karena menggigit Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014, memiliki rekor Piala Dunia yang mengesankan. Dalam 13 penampilan sejauh ini, dia telah mencetak tujuh gol dan mengklaim empat assist.

Karim Benzema (Prancis)

Pemain depan Real Madrid ini sempat diasingkan dari skuad Prancis selama enam tahun antara 2015 sampai 2021 larena kontroversi seputar Mathieu Valbuena. Sebelum itu, ia memainkan lima pertandingan Piala Dunia, mencetak tiga gol, dan memberikan dua assist.

Pemenangn Ballon d'Or 2022 itu akan berusia lebih dari 37 tahun saat Piala Dunia berikutnya nanti. Jadi, kecil kemungkinan kecil ia akan dipanggil lagi mengingat Prancis punya skuad bertalenta yang melimpah.

Luka Modric (Kroasia)

Gelandang veteran ini menjadi tulang punggung tim nasional Kroasia sejak membuat debut pada tahun 2006. Pemain berusia 37 tahun itu masih berada di puncak permainannya, tetapi mustahil meliatnya bisa ke Piala Dunia 2026.

Superstar Real Madrid itu telah tampil di tiga Piala Dunia sejauh ini, memainkan 12 pertandingan, mencetak dua gol dan memberikan satu assist. Dia adalah pemain terbaik Kroasia selama perjalanan bersejarah mereka ke final Piala Dunia 2018 melawan Prancis.

Lionel Messi (Argentina)

Superstar Paris Saint-Germain (PSG) ini akan berusia 39 tahun pada Piala Dunia edisi berikutnya 2026 nanti sehingga hampir mustahil melihat ia masuk di skuad Argentina. La Pulga akan berusaha memenangkan trofi paling bergengsi itu dalam usaha kelimanya di Qatar.

Messi nyaris mengangkat trofi Piala Dunia 2014 lalu di Brasil. Ketika itu Argentina sukses menembus final, tetapi kalah melawan Jerman di final. Dia terpilih sebagai pemain terbaik ketika itu berkat penampilannya yang luar biasa (empat gol dan satu assist).

Cristiano Ronaldo (Portugal)

Kapten timnas Portugal akan tampil di Piala Dunia FIFA kelima dan mungkin terakhirnya di Qatar. Penyerang legendaris, yang merupakan pencetak gol terbanyak dalam sepak bola pria internasional dengan 117 gol dalam 191 pertandingan, akan berusia 41 tahun saat Piala Dunia berikutnya.

Ronaldo sejauh ini telah ambil bagian dalam 17 pertandingan Piala Dunia. Pemenang Ballon d'Or lima kali itu total menjaring sebanyak tujuh gol, tetapi semuanya tercipta di babak penyisihan grup.