Sebanyak 27 Pemain Akan Dipanggil Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026
Nova Arianto menyebut ada 27 pemain dipanggil Timnas Indonesia (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, memberikan informasi terkait pemain yang dipanggil untuk menghadapi Vietnam. Timnas Indonesia berjumpa Vietnam pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Laga perdana berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 21 Maret 2024.

Nova Arianto mengatakan bahwa ada 27 nama yang akan dipanggil untuk membela Skuad Garuda.

Meski telah menjelaskan jumlahnya, untuk nama-nama detail bakal disampaikan PSSI secara resmi sebelum 18 Maret 2024.

"Seperti yang sudah kami rencanakan, kami ada 27 (pemain yang dipanggil). Tanggal 18 Maret 2024 kumpul dan memulai TC (pemusatan latihan."

"Sudah, sudah (ditetapkan perincian nama pemainnya) karena waktunya tinggal sebentar lagi," kata Nova Arianto pada Rabu, 6 Maret 2024.

Lokasi pemusatan latihan rencananya digelar di Jakarta mengingat lokasi pertandingan juga digelar di SUGBK.

Nova menyampaikan informasi ini sebagai perpanjangan tangan dari sang pelatih kepala, Shin Tae-yong.

Pasalnya, pelatih asal Korea Selatan itu tengah berada di Eropa untuk memantau pemain-pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri.

"Pastinya coach Shin melihat kondisi pemain. Seperti kita lihat dari update status coach Shin ketemu sama semua pemain yang ada di luar."

"Dia (Shin Tae-yong) di sana melihat situasi-situasi pemain baru (pemain keturunan Indonesia di Eropa) yang mungkin bisa membantu Timnas Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Nova tak mau berkomentar lebih lanjut terkait nama-nama yang sedang menjalani proses naturalisasi, seperti Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes.

Pasalnya, proses naturalisasi tiga pemain keturunan itu belum tuntas. Prosesnya baru masuk ke DPR dan sempat disebutkan dalam Sidang Paripurna pada Selasa, 5 Maret 2024.

"Semoga bisa, kita lihat situasi. Ya, kita tunggu saja rilis resmi PSSI. Nanti kita lihat apakah dia masuk atau tidak," tutur Nova.

Terlepas dari itu, tim pelatih Timnas Indonesia tengah memantau terus kondisi Shayne Pattynama.

Sang bek sayap dikabarkan mengalami cedera kala membela timnya, KAS Eupen. Dia harus absen pada akhir pekan lalu.

"Masih mengontrol kondisi dari Shayne. Dia menyampaikan sedikit mengalami cedera, tapi dia masih melihat situasinya apakah bisa tampil atau tidak. Jadi, kami masih melakukan komunikasi. Semoga Shayne tidak terlalu parah agar bisa tampil," kata Nova.