Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia bermain tanpa gol saat melakukan uji coba melawan Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, pada Minggu, 2 Juni 2024.

Shin Tae-yong tidak begitu memedulikan hasil tersebut. Seperti sudah ia paparkan sebelumnya, terpenting semua pemain bisa tampil untuk melihat kondisi dan performa terkini.

Pelatih asal Korea Selatan itu sengaja menurunkan hampir semua pemain, termasuk debutan Malik Risaldi.

"Memang seperti apa yang dibicarakan sebelumnya, hasil tidak begitu penting. Saya hanya ingin melihat keseluruhan kondisi pemain, fisik, dan lainnya."

"Saya juga akan mengevaluasi performa para pemain di laga tadi. Termasuk soal sentuhan bola yang kurang dan komunikasi juga," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong mengakui bahwa laga uji coba melawan Tanzania merupakan langkah mencapai puncak performa ketika nanti berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Memang para pemain merasakan lelah, ya. Namun, dengan selesainya laga ini (melawan Tanzania), pastinya akan meningkat cepat dan baik."

"Apalagi selanjutnya akan recovery serta istirahat. Tanggal 4 dan 5 Juni 2024 itu masuk periode penyesuaian kondisi. Saya akan mempersiapkan tim lebih baik," tutur sang pelatih.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi Irak (6 Juni 2024) dan Filipina (11 Juni 2024) pada dua laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Shin Tae-yong sudah menyiapkan program dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia sejak 28 Mei 2024 agar pemainnya bisa mencapai puncak kondisi dan performa di kedua laga penting tersebut.

"Irak tim terbaik di grup kami. Skuad mereka sangat bagus, bukan lawan mudah bagi kami. Namun, ini laga kandang."

"Jadi, saya akan memaksimalkan semuanya agar di laga nanti dapat hasil baik," ujar Shin Tae-yong.

Dua laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Timnas Indonesia hanya membutuhkan tiga poin dari dua partai itu untuk lolos ke putaran ketiga kualifikasi.