Kondisi Prima, Elkan Baggot Gabung Tim dan Siap Bela Timnas Indonesia Lawan Libya
Elkan Baggott bakal tampil saat Timnas Indonesia melawan Libya di uji coba kedua (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Elkan Baggot tak masuk daftar pemain yang dipasang Shin Tae-yong di laga uji coba kontra Libya pada Selasa, 2 Januari 2024. Namun, sang pemain sudah siap tampil maksimal di laga uji coba kedua melawan Libya pada 5 Januari 2024.

Sebelumnya diketahui, Baggot tak disertakan dalam uji coba perdana karena sang pemain terlambat bergabung pemusatan latihan (TC) di Turki. Hal ini karena Baggot masih harus menjalani kewajiban membela timnya, Ipswich Town.

Baggot baru bergabung dengan Rizky Ridho dan kawan-kawan di Timnas Indonesia setelah tahun baru.

Setelah bergabung bersama Skuad Garuda, Baggot pun menyatakan diri siap membantu tim untuk menghadapi menghadapi Irak, Vietnam, dan Jepang pada fase grup Piala Asia 2023.

“Hari yang bagus, kondisi lapangan juga baik, rekan-rekan yang lain juga dalam kondisi fit, saya siap untuk Piala Asia nanti,” ucap Baggott dikutip dari situs resmi PSSI pada Kamus, 4 Januari 2024.

Soal hasil uji perdana kontra Libya yang tak memuaskan, hal itu tidak diacuhkan Baggot. Sang bek memilih fokus pada agenda selanjutnya yakni uji coba kedua kontra Libya dan ketiga melawan Iran pada 9 Januari 2024.

“Kita masih punya beberapa laga uji coba lagi. Jadi, kami saat ini bersiap-siap untuk menghadapi semuanya dengan memanfaatkan waktu yang ada sebelum turnamen dimulai,” jelasnya.

Baggott punya peluang dimainkan saat Indonesia menjalani laga uji coba selanjutnya. Apalagi Shin Tae-yong selaku pelatih kepala memakai formasi tiga bek. Baggott bisa bertandem dengan Jordi Amat, Rizky Ridho, Justin Hubner, atau Wahyu Prasetyo.

Pada pemusatan latihan (TC) di Turki dalam persiapan Piala Asia 2023, Shin Tae-yong membawa lima pemain berposisi bek tengah. Dari komposisi itu, terbuka peluang bahwa pelatih bakal memainkan formasi bertahan ketika bertemu tim kuat seperti Jepang.