Shin Tae-yong Tak Pantau Laga Uji Coba Jepang vs Thailand
Shin Tae-yong yakin dengan persiapan Timnas Indonesia menjelang Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku bahwa ia tak ikut memantau laga uji coba Jepang vs Thailand. Padahal, Jepang merupakan salah satu tim yang akan dihadapi di Piala Asia 2023.

Partai pemanasan menjelang Piala Asia 2023 itu digelar di National Stadium, Tokyo, pada Senin, 1 Januari 2024. Jepang selaku tuan rumah kalah 0-5.

“Belum menonton pertandingan (Jepang vs Thailand), tapi untuk hasil sudah tau,” kata Shin Tae-yong dalam sesi wawancara di konferensi pers daring yang digelar Rabu, 3 Januari 2024, siang WIB.

Meski mengakui tak memantau secara langsung penampilan Jepang untuk melihat bagaimana pergerakan calon lawan, Shin Tae-yong tak khawatir. Ia mengatakan bahwa masih ada waktu bagi Timnas Indonesia untuk melakukan persiapan matang.

“Itu (meski tak memantau) tak akan membuat kita terlambat mempersiapkan diri melawan Jepang,” lanjut sang pelatih.

Dalam kesempatan yang sama, Shin Tae-yong juga menjelaskan bahwa saat ini fokusnya ialah menuntaskan pertandingan terdekat.

“Kami akan fokus dulu ke laga pertama dan kedua (melawan Irak dan Vietnam). Setelah itu, kita akan fokus ke pertandingan ketiga (melawan Jepang),” ujarnya.

Pada Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024, Timnas Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Laga perdana Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 15 Januari 2024 melawan Irak.

Setelah laga perdana, pertandingan selanjutnya akan digelar pada 19 Januari 2024 menghadapi Vietnam dan laga terakhir melawan Jepang pada 24 Januari 2024.

Di sisi lain, sebagai persiapan tampil di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia saat ini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki.

Pada agenda itu, ada tiga kali jadwal uji coba yang bakal dijalani Timnas Indonesia, yaitu dua kali melawan Libya dan satu kali kontra Iran.