Bagikan:

JAKARTA - Argentina yang kembali diperkuat Lionel Messi hanya mampu bermain imbang 1-1 saat melawan Venezuela di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan di Stadion Monumental de Maturin, Jumat, 11 Oktober 2024 pagi WIB. Hasil itu menjadikan Brasil tersingkir dari enam besar klasemen sementara.

Messi gagal membawa Argentina meraih kemenangan. Tak hanya itu, dirinya juga tak mampu mencetak gol meski bermain penuh di laga kualifikasi. Namun Messi berperan dalam proses terciptanya gol Argentina.

Ini merupakan hasil imbang pertama Argentina di babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Tambahan satu poin itu memang tidak mempengaruhi posisi Argentina yang masih bertengger di puncak klasemen.

Kini, Albiceleste mengantungi poin 19. Unggul tiga poin dari Kolombia yang menduduki peringkat dua. Kolombia gagal menambah poin setelah dikalahkan Bolivia 1-0.

Sementara Venezuela berhasil memperbaiki peringkat. Mereka sukses menembus enam besar setelah mengantungi poin 11. Dengan merebut posisi enam, Venezuela menyingkirkan Brasil yang terpaksa turun ke peringkat tujuh.

Ini menjadi peringatan bagi Brasil bila ingin berlaga di Piala Dunia 2026. Pasalnya hanya enam tim teratas dari zona Amerika Selatan yang bisa tampil di putaran final yang digelar di Amerika Serikat/Kanada/Meksiko.

Pertandingan Venezuela melawan Argentina itu sendiri sempat tertunda selama setengah jam karena hujan lebat. Argentina melakukan start bagus dan berhasil unggul melalui bek Nicolas Otamendi di menit 13.

Messi yang merancang serangan Argentina yang kemudian dituntaskan Otamendi. Skor 1-0 untuk tim asuhan Lionel Scaloni bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, penampilan Argentina mengalami penurunan. Sebaliknya, Venezuela berhasil keluar dari tekanan dan serangan mereka beberapa kali mengancam gawang Geronimo Rulli yang menggantikan Emiliano Martinez.

Kesabaran pemain Venezuela akhirnya membuahkan hasil. Di menit 65, Salomon Rondon sukses membobol gawang Argentina setelah menyambut assist Yeferson Soteldo.

Skor berubah 1-1. Tidak ada lagi gol yang tercipta. Venezuela pun lolos dari kekalahan setelah menahan Argentina dengan skor imbang.