Hasil Babak 16 Besar Piala Asia 2023: Berjuang Keras, Timnas Indonesia Digempur Australia 0-4 
Pesepak bola Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum melawan Timnas Austalia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024). ANTARAFOTO/Yusran Uccang/nym/aa. (ANTARA FOTO/yusran uccang)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia gagal memetik tiga poin saat menghadapi Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023. Telah berjuang keras hingga melangkah ke babak ini, Skuad Garuda justru digempur habis 0-4 oleh Australia. 

Tampil di Stadion Jassim Bin Hamad, Al Rayyan pada Minggu 28 Januari malam WIB, timnas sejatinya menunjukan daya juang yang solid di menit-menit awal bermain.

Hal ini terlihat dari peluang pertama yang tercipta saat laga berjalan lima menit. Eksekusi yang dilakukan Rafael Struick lewat umpan silang dari Justin Hubner nyaris bersarang di gawang Australia, tapi sayang upaya itu masih bisa dimentahkan tim lawan. 

Situasi kemudian berubah karena Australia justru berhasil memimpin 1-0 di menit ke-12. Sebuah tembakan dari Jackson Irvine berbelok arah ke sudut gawang setelah mengenai kaki Elkan Baggott, yang membuat Ernando Ari kecolonganuntuk menepis bola.

Setelah gol pembuka Australia, timnas Indonesia terlihat main lebih sabar untuk mencetak peluang membalikan keadaan. Pada momen itu Australia tak mampu mengancam Indonesia dan terus mencari celah.

Saat menjelang babak pertama usai, kejutan malah muncul dari pihak Australia, tim asuhan Graham Arnold mencetak gol kedua. Eksekusi di menit ke-45 itu dibuat oleh Martin Boyle lewat sundulan setelah menyambar umpan silang Gethin Jones, Australia pun unggul 2-0.

Lanjut di babak kedua, timnas masih berupaya mencari celah untuk memecah kebuntuan. Beberapa kali tekanan yang diberikan Indonesia kandas sebelum masuk ke kotak penalti di 10 menit babak kedua berjalan.

Terjadi kericuhan di menit ke-64 Gethin Jones dengan sengaja menjegal Rafael Struick. Wasit kemudian memberikan kartu kuning ke pemain Australia itu.

Gawang Indonesia bobol lagi di menit ke-88. Kali ini lewat eksekusi Craig Goodwin, sang pemain mengubah skor Australia menjadi 3-0 setelah menyambar bola rebound.

Derita Indonesia makin bertambah di injury time. Harry Souttar mencetak lewat sundulan untuk membawa Australia menang 4-0 dan skor bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Hasil ini merupakan kekalahan ketiga bagi skuad garuda sepanjang tampil di Piala Asia 2023 yang sekaligus mendepak Indonesia dari kompetisi.