Daftar Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Australia di 16 Besar Piala Asia 2023: Shayne Pattynama Starter 
Sejumlah Pesepakbola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Sabtu (27/1/2024). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/foc. (antara foto/Yusran Uccang)

Bagikan:

JAKARTA - Daftar susunan pemain timnas Indonesia vs Australia untuk babak 16 besar Piala Asia 2023 telah resmi diumumkan. Pada laga Minggu, 28 Januari malam, Shin Tae-yong menurunkan Shayne Pattynama sebagai starter. 

Di laga ini Shayne akan tampil mengisi posisi fullback kiri menggantikan Pratama Arhan yang dicadangkan. Mantan pemain Viking FK itu sebelumnya absen selama fase grup dan terlambat bergabung dengan skuad karena ada urusan keluarga.

Pelatih juga kembali menurunkan Sandy Walsh sebagai starter. Fullback kanan asal klub KV Mechelen ini sempat tak dimainkan dalam dua pertandingan awal fase grup melawan Irak dan Vietnam, namun turun pada duel kontra Jepang.

Namun, berbeda dari sebelumnya, Sandy kali ini kemungkinan besar bermain sebagai bek tengah bersama dengan Jordi Amat dan Elkan Baggott menyusul kembalinya Asnawi Mangkualam dalam 11 nama utama.

Pada lini tengah, Ivar Jenner akan kembali menjadi poros serangan Merah Putih. Kali ini pelatih menduetkannya dengan  Justin Hubner. Kemudian untuk posisi winger bakal diisi Yakob Sayuri (kanan) dan Marselino Ferdinan (kiri). Di lini depan, Rafael Struick menjadi penyerang tunggal.

Shin Tae-yong sebelumnya mengakui bahwa Australia bukan lawan yang mudah. Secara peringkat FIFA, Socceroos menempati urutan ke-25 yang jauh di atas Indonesia yang kini berada di posisi ke-146.

Kendati demikian, pelatih berusia 53 tahun itu memastikan anak asuhnya siap melakoni partai penting ini. Ia mengatakan sudah mengantongi kekuatan Australia berbekal pengalamannya bermain di Negeri Kangguru pada 2005 saat membela klub Brisbane Roar.

Daftar Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Australia:

Indonesia: Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott, Shayne Pattynama; Justin Hubner, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan Yakob Sayuri; Rafael Struick.

Australia: Matthew Ryan, Kye Rowles, Jordan Bos, Harry Souttar, Aziz Behich, Gethin Jones; Riley McGree, Jackson Irvine, Keanu Baccus; Martin Boyle, Bruno Fornalori.