Ditumbangkan Australia 0-4 di Piala Asia 2023, Menpora Sebut Langkah Timnas Sudah di Jalan yang Tepat
Menpora Dito Ariotedjo berencana mendukung langsung Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 (dok. Kemenpora).

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo tetap mengapresiasi perjuangan yang dilakukan timnas Indonesia di babak 16 besar Piala Asia 2023. Meskipun langkah tim asuhan Shin Tae-yong ini harus terhenti setelah jumpa Australia. 

Menurut Dito Ariotedjo, timnas telah berjuang keras hingga akhirnya bisa tembus ke babak 16 besar. Hal ini juga disebutnya menjadi sebuah bukti bahwa Skuad Garuda sudah berada di jalur yang benar. 

“Walaupun kalah 4-0, tapi kita tetap optimistis dan senang. Setelah 17 tahun ya kita lolos Piala Asia dan hari ini apalagi, lolos di 16 besar,” ucap Dito Ariotedjo ditemui usai acara nonton bareng timnas vs Australia di Kemenpora, Senayan pada Minggu 28 Januari.

Langkah timnas dipastikan terhenti di babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah kalah 0-4 dari Australia. Kekalahan di Stadion Jassim bin Hamad ini membuat Asnawi Mangkualam dan kolega gagal ke babak delapan besar Piala Asia 2023.

Meski gagal melangkah ke babak delapan besar, tapi upaya timnas yang bisa menginjakan kaki di babak 16 besar sukses menjadi catatan sejarah. Hal itu karena akhirnya penantian selama 17 tahun untuk mentas di Piala Asia tercapai.

Menurut Dito, sejarah yang ditorehkan oleh Timnas Indonesia di Piala Asia menjadi alasan baginya untuk mengajak seluruh suporter untuk terus memberikan dukungan.

“Ya itu, karena kita lihat ini kan 17 tahun ya, kita menanti dan kita paham antusiasme sepakbola sangat tinggi dan ini kita lolos juga 16 besar. Karena bertemu Australia yang tim tangguh, ya kita rasa ini suatu yang patut didukung secara bersama-sama secara seru,” jelas Dito.

Lebih lanjut, Dito juga menilai apa yang sudah ditorehkan oleh Shin Tae-yong selaku pelatih bersama punggawa timnas Indonesia adalah satu prestasi. Maka dari itu Dito selaku perwakilan pemerintah akan terus menyatakan dukungan untuk transformasi sepakbola Indonesia.

“Jadi ini prestasi yang berkembang dan kita pastinya selalu mendukung transformasi sepakbola dan juga olahraga di Indonesia. Pokoknya terus semangat, terus banyak doa, insyaallah olahraga di jalur yang benar,” jelasnya.