Bagikan:

JAKARTA - Wolverhampton Wanderers menyingkirkan West Bromwich Albion di babak keempat Piala FA. Dalam Black Country Derby di kandang West Brom di Stadion The Hawthorns, Minggu, 28 Januari 2024 malam WIB, Wolves menang 2-0. Hanya laga sempat distop karena perkelahian antarsuporter.

Laga derby ini berlangsung panas dan ketat. Pasalnya ini kali pertama Black Country Derby kembali digelar setelah satu dekade kedua tim tak pernah bertemu di pertandingan resmi. Tak heran bila laga itu sudah dinanti kedua fans.

Sementara, di pertandingan itu sendiri, West Brom yang berkompetisi di Divisi Championship mencoba mengejutkan Wolves. Namun tim yang pernah mampir di Premier League Inggris ini tak mampu mengimbangi tamunya.

West Brom tidak hanya menelan kekalahan. Mereka juga tak mampu menjadi tuan rumah yang menggelar pertandingan dengan baik dan aman.

Laga itu diwarnai rusuh suporter saat West Brom tertinggal 2-0. Saat itu, Wolves sudah unggul saat Pedro Neto mencetak gol di menit 38. Skor 1-0 untuk Wolves bertahan sampai babak pertama usai.

Selanjutnya, tim  asuhan Gary O'Neil yang menjaga performa masih bisa menguasai pertandingan babak kedua.

Bahkan tim tamu berhasil memperbesar keunggulan di menit 78. Gol kedua dihasilkan Matheus Cunha yang menyelesaikan assist Max Kilman.

Namun dalam kedudukan 2-0 untuk Wolves, suasana dalam stadion memanas. Apalagi sebelumya pemain Wolves Tommy Doyle beberapa kali dilempari botol mineral saat hendak mengambil sepak pojok.

Akibat lemparan itu sempat mengenai seorang ball boy yang kemudian mendapat perawatan.

Situasi kian panas setelah suporter Wolves menyalakan cerawat untuk merayakan gol kedua itu. Sebelumnya, suporter melakukan hal sama saat terciptanya gol pertama.

Hanya cerawat itu kemudian mengarah ke suporter tuan rumah. Tak lama kemudian, suporter kedua tim saling serang.

Sebagian malah turun ke lapangan sehingga memunculkan situasi chaos. Petugas pun sibuk mengendalikan situasi.

Komentator ITV Sam Matterface menyebut, "Saya tidak ingat kapan terakhir kali ini terjadi di pertandingan di Inggris."

Pemain sendiri kemudian masuk ke ruang ganti. Laga pun terhenti selama 38 menit.

Setelah situasi reda, kedua tim melakukan negosiasi sebelum diputuskan pertandingan dilanjutkan kembali. Skor tetap 2-0 sampai akhir laga.