Bagikan:

JAKARTA - Kejutan dari tim Divisi Championship Coventry City yang berhasil melaju ke semifinal Piala FA setelah menyingkirkan tim Premier League Inggris Wolverhampton Wanderers. Dalam duel perempat final di kandang Wolves di Stadion Molineux, Wolverhampton, Sabtu, 16 Maret 2024 malam WIB, Coventry menang 3-2.

Laga penuh drama dan menjadi kejutan di Piala FA. Coventry merupakan salah satu dari dua tim Championship yang melangkah ke delapan besar turnamen sepak bola paling tua di dunia ini. Selain Coventry ada Leicester City yang akan menghadapi Chelsea.

Menariknya, Coventry harus melakoni laga tandang karena Wolves yang menjadi tuan rumah. Ini yang menjadikan mereka tak diunggulkan.

Apalagi The Sky Blues hanya menempati peringkat delapan di klasemen Championship. Bandingkan dengan Leicester yang bertengger di puncak klasemen dan berpeluang kembali promosi ke Premier League.

Meski demikian, Coventry justru menunjukkan penampilan mengesankan. Mereka mampu memberi perlawanan secara luar biasa. Bahkan kemenangan tim asuhan Mark Robins ditentukan gol-gol di injury time.

Keberhasilan ini menjadikan Coventry melaju ke semifinal untuk kali pertama sejak 1987. Pada tahun itu pula, Coventry tampil sebagai juara Piala FA.

Di laga itu, Coventry tampil gemilang dan memaksa Wolves bekerja keras. Bahkan tim yang juga berjuluk The Singers ini unggul lebih dulu saat striker Ellis Simms mencetak gol di menit 53.

Saat Coventry diperkirakan memenangkan laga, Wolves mampu menyamakan skor menjadi 1-1 melalui Rayan Ait-Nouri di menit 83.

Keberhasilan mencetak gol menjadikan Wolves kian bersemangat. Hasilnya, tak lama berselang, tuan rumah membalikkan keadaan melalui Hugo Bueno. Gol Bueno yang menyelesaikan assist Ait-Nouri tercipta di menit 88.

Kemenangan sudah berada di tangan Wolves. Apalagi, laga memasuki injury time. Namun Coventry benar-benar menolak menyerah.

Pada menit 90+7, Simms yang mengambut umpan Bobby Thomas membuat suporter tuan rumah terdiam setelah membobol gawang Wolves. Skor berubah menjadi 2-2.

Tak lama kemudian atau di menit 90+10, Simms mengambil peran penting membawa Coventry ke semifinal.

Umpan matang dia dituntaskan dengan baik oleh striker Amerika Serikat, Haji Wright. Skor berubah menjadi 3-2 dan bertahan sampai akhir laga.