Bagikan:

JAKARTA - Petenis asal Italia, Jannik Sinner sukses mencatatkan sejarah sebagai juara baru Grand Slam Australia Open 2024. Sinner secara dramatis mengukuhkan gelar juara setelah mengalahkan Daniil Medvedev.

Tampil di Rod Laver Arena pada Minggu, 28 Januari sore WIB, Jannik Sinner mampu membalikkan ketertinggalan dua set untuk merebut kemenangan. Dalam pertarungan lima set, Sinner sukses mencatatkan poin 3-6, 3-6, 6-4, 6-4, 6-3.

Setelah berhasil mengunci kemenangan dan menyingkirkan Medvedev, pencapaian ini menjadi gelar pertama bagi Sinner di Grand Slam Australia Open 2024. Sejarah juga tercipta dari kemenangan Sinner karena ia tercatat menjadi petenis pertama Italia yang memenangkan Grand Slam sejak Adriano Panatta pada 1976. 

Sinner yang menempati posisi unggulan keempat dunia hanya kehilangan satu set dalam perjalanannya menuju ke final. Dari 11 laga yang dijalani, Sinner tercatat menang 10 kali bahkan ketika ia menantang petenis bergengsi termasuk Novak Djokovic. 

Berbeda dengan pencapaian positif yang menjadi milik Sinner, kekalahan ini justru menjadi hal menyakitkan bagi Medvedev. 

Dengan rekor 1-5 di final Grand Slam, Medvedev melewatkan kesempatan untuk menjadi petenis aktif keenam yang memenangkan beberapa gelar tunggal utama. Situasi itu juga membuatnya gagal melompati Carlos Alcaraz ke peringkat 2 di Pepperstone ATP Rankings. 

Medvedev adalah petenis pertama yang kalah dalam dua final besar setelah memimpin dengan dua set. Petenis peringkat 3 dunia itu jatuh ke tangan Rafael Nadal pada perebutan gelar 2022 dalam lima pertandingan.